Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Virus Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Labuapi Kabupaten Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.2687Published:
2023-02-21Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Januari - MaretKeywords:
Video Pembelajaran, Virus, Hasil BelajarArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
This observation activity aims to measure student scores, to determine the effectiveness of the teaching and learning process, the difference in scores before and after conducting learning with learning video media, and also to find out students' responses to the learning video media given when material was delivered about viruses. This study used an experimental method with a One-Group Pretest-Protest design. This pretest is carried out before the teaching and learning process, while the posttest is carried out afterwards. The results of this study indicate that students' scores increased after taking the test, namely 21 students on average got a score of 83 on the posttest results. As for the average n-Gain score, namely g> 0.7, these results indicate that the use of learning videos is in the high category and the interpretation is quite effective, therefore the conclusion that can be drawn is that the use of learning videos is quite effective in improving student learning outcomes.
References
Cahyani, G.A, Khotimah, K., & Meishanti, P.A. (2020). Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Materi Virus Kelas X SMA Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Eduscope. Vol. 6, No. 2. ISSN :2460–4844.
Wahyuni, S.O., & Yokhebed. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol. 8, No. 1. ISSN: 2089-2802.
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istigra’. Vol. 5, No. 2.
Yendrita., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol. 2, No. 1. ISSN : 2598-7453
Author Biography
Aulya Rahmadayanti Rabbani, Mahasiswa
License
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).