Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Kelas XI SMA NEGERI 2 Labuapi.
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.2691Published:
2023-02-21Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Januari - MaretKeywords:
Metode pembelajaran intraktif, Sistem gerak dan hasil belajar biologiArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
The results of the study entitled "The Application of Intractive Learning Models to Improve Student Learning Outcomes in Class XI Biology at SMA Negeri 2 Labuapi". Aims to find out whether the application of interactive learning models can improve learning outcomes in biology subjects. This type of observation is quantitative descriptive by using a one group post test design which consists of two stages, namely treatment and post test for 4 sessions. There are two variables in this observation, namely the independent variable and the dependent variable. The sample in this study were students of class XI IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi for the 2022/2023 academic year with a total of 23 students, whose class was directly chosen by the biology teacher. The research instrument used was the Biology Learning Achievement Test which met valid criteria for up to 10 questions on the motion system material whose results showed an average post-test of 78. With an average score before using an interactive model of 71.5 from the biology teacher. From this it can be concluded that the learning outcomes of class XI IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi have increased after using interactive learning methods.
References
Arikonto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: sRineka Cipta.
Arikonto. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Cetakan ke-2, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Harefa, Agnes R. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dengan Strategi Peta Konsep Pohon Jaringan Di Kelas XI SMKN 1 Gunungsitoli.Skripsi. Gunungsitoli: IKIP
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mitrawalida, 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sendana. Skripsi. Makassar: FKIP UMM.
Neni Yuniati, dkk. 2011. Pembuatan Media Pembelajaran Intraktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi.
Nurhani, Paluin, Y. K. & Tureni, D. 2017. Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako online. 4(2). Hal: 90-105.
Yanti dan Saparso. 2020. Model Pembelajaran Intraktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 7. Hal: 1357-1366.
License
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).