Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022
DOI:
10.29303/jcar.v4i4.2293Published:
2022-10-27Issue:
Vol. 4 No. 4 (2022): NovemberKeywords:
boneka tangan, kemampuan berbicara, media, pendidikan anak usia diniArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara pada anak kelompok A serta kurangnya media yang menarik saat proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Al-Hamidy pagutan kota mataram tahun pelajaran 2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan cara kolaboratif dan partisipatif yaitu penelitian akan bekerjasama dengan guru kelompok A. Guru sebagai pelaksana sedangkan penelitian sebagai observer. Penelitian ini menggunakan dua Siklus setiap Siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini anak kelompok A di TK Al-Hamidy yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara pada anak kelompok A di TK Al-Hamidy Pagutan Kota Mataram tahun pelajaran 2022. Adanya peningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok A yang difokuskan dengan meliputi indikator bahasa yaitu bagaimana cara mengungkapkan bahasa. Dalam pelaksanaan Pra Siklus kemampuan berbicara anak mencapai 13% bahwa pelaksanaan Pra Siklus masuk kriteria Belum Berkembang, kemudian pada Siklus I mencapai 40% masuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan, dan yang terakhir pelaksanan Pada Siklus II mencapai 84% menunjukan kriteria Berkembang Sangat Baik, dan telah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Al-Hamidy Pagutan Kota Mataram Tahun pelajaran 2022.
References
Darmuki, A. (2020).Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 655–661. Di akses melalui https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/687/415
Ida Ayu Komang Sri Widianti1, Ni Ketut Suarni2, N. M. A. (2015). Pada Anak Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha E-Journal Pg Paud Universitas Pendidikan Ganesha. Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak, 3(1). https://adoc.pub/queue/penerapan-metode-bercerita-dengan-media-gambar-untuk-meningkf26c678106820ada30593c51cbff016683060.html
Kanuriant, D., & Dahlan, U. A. (2018). Manfaat Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 2 – 3 Tahun Abstrak. Ii, 206–209. Diakses melalui
http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendika/article/download/3597/974
Luh, P. Ni, Nyoman, Wirya L, & Ayu, Tirtayani Luh. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara, 4(3).Di akses melalui https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3060
Habibi M. (2015). Analisis kebutuhan anak usia dini buku ajar S1 PAUD. Yogyakarta: Deepublish
Muchamad.Arif, & Nopitasi. (2021). Vol 5. No.2 Desember 2021 Issn: 25805851. Pengaruh Penggunaan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemmapuan Bicra Anak Usia Dini, 5(2). Di akses melalui http://orcid.org/0000-0003-4737-2058
Ni Putu Sri Purwaningsih1, Ketut Pudjawan2, I. G. R. (2014). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok A. Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok A Tk Darma Kumala Penatahan, 2(1). Di akses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3060
Nina Kurniah. (2017). Dari T. Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Din, 2, 47–56.di akses melalui https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3717
Pratiwi Sapani Tanjung1, Izzati2, S. H. (2020). 1 , 2 , 3. Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Pratiwi, 4, 3380–3386. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/854
Puspadini, N., Syaikhu, A., & Mappapoleonro, A. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan. 121–126. Diakses melalui.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7582
Ramadhani, D., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Simatupang, N. D., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (N.D.). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Tk Al-Ikhlas. 1–5.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7582
Satriana, M., Rahardjo, B., & Hasanah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Panggung Boneka Tangan. 7(2), 83–88. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/18342/6517-13423-1-SM.pdf?sequence=1
Sayekti, T. & P. L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Boneka Tangan.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10166/6591/
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. 1(1), 28–37. Di akses melalui https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/4
Wulansari, W. (2019). Pengembangan Manual Book Boneka Tangan Berkarakter dengan Model Tadzkirah untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Positif Anak Usia Dini. 6(2), 173–181. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3561
Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2022 Fina Rahmatiana, l Made Suwasa Astawa, Fahruddin, Ika Rachmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).