Article Metrics

Abstract view : 145 times

Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT)

Suprapti Suprapti

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas atau kemanjuran model pembelajaran kooperatif tipe Time Game Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, serta mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Game Tournament (TGT) pada materi mobilitas sosial. Pada penelitian ini, digunakan metode Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode PTK ini digunakan karena metode ini memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Mataram pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi pokok perbedaan, kesataraan dan harmonisasi sosial, sub materi pokok struktur sosial dan diferensiasi sosial kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Game Tournament (TGT), Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

John, Elliot. 1991. Action Research For Educational Change. Philadelphia: Open University Press.

Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter