Article Metrics

Abstract view : 39 times

Melalui Metode Belajar Aktif Model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok dapat Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar di MTsN 2 Mataram Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Siti Rubianingsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan yang telah dipelajari di MTsN 2 Mataram dan mengetahui pengaruh positif setelah metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok diterapkan oleh guru di MTsN 2 Mataram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari satu kali pertemuan. Kesimpulannya, yaitu: 1) Pembelajaran dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru yang ditandai dengan peningkatan rata-rata ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,00%), danĀ  siklus II (97,00%). 2) Penerapan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok pada materi pelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Kata Kunci: Belajar aktif, Ceramah, Kerja Kelompok, dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rosida, Postalina & Titin Suprihatin. 2011. Pengaruh pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar Fisika pada siswa kelas 2 SMU. Proyeksi, Vol. 6 (2) 2011, 89-102.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PTRineka Cipta.

Sugiarti, Titik. 1997. Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter