Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

Mastari Mastari

DOI:

10.29303/jcar.v1i2.308

Published:

2019-08-28

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2019)

Articles

Downloads

How to Cite

Mastari, M. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 66–71. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.308

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar melalui impelementasi pendekatan konstektual pada siswa Kelas V SDN 1 Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Sesela. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan metode pembelajaran demonstrasi, observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes formatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiata pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (52%) dan siklus II (87%); 2) Penerapan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pendekatan kontekstual sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

 

Kata kunci: Implementasi; Pendekatan konstektual; Prestasi belajar

References

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukhlis, A. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban. http://contextual.org diakses tanggal 15 April 2018

Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Kristian, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. BINA GOGIK, 5(2). Pp. 13-24

Muliani, N. N., I Kt. Adnyana Putra, I.B. Surya Manuaba. 2013. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksa. 1(1). Pp. 1-10

Chaqiqi, A. 2013. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Garis dan Sudut Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 16 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 5(1). pp. 1-9

Author Biography

Mastari Mastari, Sekolah Dasar Negeri 1 Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).