Article Metrics

Abstract view : 29 times

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Materi Turunan Fungsi Aljabar dengan Metode Tutor Sebaya

Nuraini Nuraini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan menerapkan metode tutor sebaya di SMA Negeri 1 Mataram tahun pembelajaran 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi dilakukan dalam pembelajaran dengan model siklus yang menerapkan metode tutor sebaya, dokumentasi mempelajari dokumen hasil pembelajaran, sedangkan wawancara dilakukan dengan guru dan siswa. Analisis data dilakukan pada data awal yaitu prasiklus, data hasil observasi, dan data akhir hasil penilaian. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan menerapkan metode tutor sebaya di SMA Negeri 1 Mataram tahun pembelajaran 2018/2019. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata, yaitu 70,88 pada siklus I, dan 84.53 pada siklus II.

Kata kunci: Tutor sebaya; Turunan fungsi aljabar; Siklus Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Abdurrohman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (1988). Pengelolaan Siswa & Kelas (Sebuah Pendekatan Evaluatif). Jakarta: Rajawali.

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Hudojo, H. (1988). Mengajar Matematika. Jakarta: Delia Press.

Majer, H. (1996). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Malang: Raja Grafindo Persada.

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nawawi, H. Martini, H. (1996). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Makalah Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesi, Universitas gajah Mada. Tidak dipublikasikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter