Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Materi Turunan Fungsi Aljabar dengan Metode Tutor Sebaya

Authors

Nuraini Nuraini

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.396

Published:

2020-02-25

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Articles

Downloads

How to Cite

Nuraini, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Materi Turunan Fungsi Aljabar dengan Metode Tutor Sebaya. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.396

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan menerapkan metode tutor sebaya di SMA Negeri 1 Mataram tahun pembelajaran 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi dilakukan dalam pembelajaran dengan model siklus yang menerapkan metode tutor sebaya, dokumentasi mempelajari dokumen hasil pembelajaran, sedangkan wawancara dilakukan dengan guru dan siswa. Analisis data dilakukan pada data awal yaitu prasiklus, data hasil observasi, dan data akhir hasil penilaian. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan menerapkan metode tutor sebaya di SMA Negeri 1 Mataram tahun pembelajaran 2018/2019. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata, yaitu 70,88 pada siklus I, dan 84.53 pada siklus II.

Kata kunci: Tutor sebaya; Turunan fungsi aljabar; Siklus Hasil belajar.

References

Abdurrohman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (1988). Pengelolaan Siswa & Kelas (Sebuah Pendekatan Evaluatif). Jakarta: Rajawali.

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Hudojo, H. (1988). Mengajar Matematika. Jakarta: Delia Press.

Majer, H. (1996). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Malang: Raja Grafindo Persada.

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nawawi, H. Martini, H. (1996). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Makalah Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesi, Universitas gajah Mada. Tidak dipublikasikan.

Author Biography

Nuraini Nuraini, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).