Article Metrics

Abstract view : 29 times

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok

Ilhamuddin Aminullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan upaya meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada siswa kelas X MIPA-3 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.  Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumenter/kepustakaan. Observasi dilakukan dalam pembelajaran dua siklus yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA-3 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyusun teks eksposisi. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 67 % pada prasiklus menjadi 75 % pada siklus I, dan 94 % pada siklus II

Keywords

Teks eksposisi; Pembelajaran kooperatif; Investigasi kelompok

Full Text:

PDF

References

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Darmawan, D. (2006). Metodelogi Penelitian Sebuah Pengantar. Surabaya: Metromedia Mandiri Pustaka.

Hariwijaya, M. dan Triton, P.B. (2008). Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta: ORIZA.

Kosasih, E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Margono, S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritik-Praktis, dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter