Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Kecemasan Matematika
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10081Published:
2025-01-16Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kepercayaan Diri, Kecemasan MatematikaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII SMA IT Putri Abu Hurairah Mataram tahun ajaran 2022/2023 pada materi peluang ditinjau dari kepercayaan diri dan kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 117 siswa kelas XII SMA IT Putri Abu Hurairah Mataram dengan sampel 40 siswa kelas XII MIA yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan yaitu: 1) sampel telah menerima materi peluang; 2) rata-rata nilai ulangan harian sampel masih di bawah 75; 3) rekomendasi dari guru matematika yang mengajar kelas XII. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kepercayaan diri dan kecemasan matematika siswa kelas XII berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkategori rendah. Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kepercayaan diri siswa berkategori sedang dan signifikan. Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kecemasan matematika berkategori kuat dan signifikan. Siswa dengan kepercayaan diri tinggi dan kecemasan matematika rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi. Sedangkan siswa dengan kepercayaan diri rendah dan kecemasan matematika tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah.
References
Anggarawati, G., Prasetyowati, D., Zuhri, M. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 255412553. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2346
Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Education, 8(1), 236246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973
Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Barokah, P. R., Lubis, M. S., & Siregar, T. N. (2024). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecemasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(5), 328335.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 2432. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Fadila, L., Arjudin, Tyaningsih, R. Y., & Kurniati, N. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa. Jurnal of Classroom Action Research, 6(4), 839843. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9521
Ghurfah, A., Sripatmi, Novitasari, D., & Baidowi. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Tingkat Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 1021. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23022
Irawan, D., Prayitno, S., Luluilmaknun, U., & Soeprianto, H. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal of Classroom Action Research, 5(4), 449–454. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5970
Lasdianto, R. E., Haerudin, & Abadi, A. P. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88102. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.17
Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS Model Timss Dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148157. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v13i2.21234
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
Nisa, K., Sridana, N., Salsabilla, N. H., & Hayati, L. (2024). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Jurnal of Classroom Action Research, 5(3), 1724. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884
Polya, G. (1985). How to Solve It. Princeton: Princeton University Press.
Prabowo, H. H., Riyadi., & Subanti, S. (2021). Profil Kesalahan Pemecahan Masalah Kesebangunan Ditinjau Dari Kepercayaan Diri dan Kecemasan Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 10091109. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3644
Purnama, S., & Mertika. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Self Confidence. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 5963. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1619
Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kecemasan Matematis, Self-Efficacy, Instrumen Dan Rancangan Pembelajarannya. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Rahmani, I., Amrullah, Kurniawan, E., & Sarjana, K. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negri 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1):449455. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2082
Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, & Hayati, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tingkat Self-Confidance Peserta Didik Kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2):214223. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.
Susilawati, Sripatmi, Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Self-Confidance Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 49405953. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11260
Vega, A. D., Hapidin, & Karnadi. (2019). Pengaruh Pola Asuh Dan Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227
Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 799806. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p799-806
Author Biographies
Anindya Aenaya Irawadi, Universitas Mataram
Sripatmi, Universitas Mataram
Junaidi, Universitas Mataram
Baidowi, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Anindya Aenaya Irawadi, Sripatmi, Junaidi, Baidowi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).