Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Program SERALIKOCI: Studi Kasus di SD Negeri Cimahi Mandiri 3

Authors

Asep Ahyar , Nofri Yadi , Dede Supriyanto , Jenuri

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10228

Published:

2025-02-12

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Karakter, Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Articles

Downloads

How to Cite

Ahyar, A., Yadi, N., Dede Supriyanto, & Jenuri. (2025). Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Program SERALIKOCI: Studi Kasus di SD Negeri Cimahi Mandiri 3 . Journal of Classroom Action Research, 7(1), 183–189. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10228

Downloads

Metrics

PDF views
132
Feb 13 '25Feb 16 '25Feb 19 '25Feb 22 '25Feb 25 '25Feb 28 '25Mar 01 '25Mar 04 '25Mar 07 '25Mar 10 '25Mar 13 '257.0
|

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi program SERALIKOCI (Sekolah Ramah Lingkungan Kota Cimahi) sebagai sarana untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa sekolah dasar, dengan fokus pada SD Negeri Cimahi Mandiri 3. SERALIKOCI, mencakup berbagai kegiatan seperti diet plastik, pemilahan sampah, pendirian bank sampah berbasis sekolah, dan pembentukan tim guru lingkungan (Tiguling). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengeksplorasi efektivitas, tantangan, dan dampak jangka panjang dari program tersebut.  Teknik analisis data dilakukan dengan metode content analysis. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan yang konsisten dan diawasi, seperti membawa tumbler dan misting, menjaga kebersihan, dan mengelola sampah melalui Bank Sampah Unit (BSU) sekolah, dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Guru berperan penting dalam memberikan keteladanan dan pembiasaan program tersebut. Tantangan yang ditemukan yaitu belum adanya cara efektif untuk mengelola sampah organik dan kurangnya kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam pembiasaan pengelolaan sampah di rumah. Solusi yang diusulkan yaitu program peningkatan pelatihan orang tua siswa dan budidaya maggot untuk pengelolaan sampah organik. Studi ini menyimpulkan bahwa SERALIKOCI berpengaruh positif dalam membangun kepedulian lingkungan bagi siswa. Model pendidikan lingkungan terpadu ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan yang serupa.

References

Aini, S. Q., & Syamwil , F. (2020). KONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KETELADANAN GURU DI SEKOLAH. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 149–156. https://serambi.org/index.php/managere/article/view/66

Baro'ah, S., & Qonita, S. M. (2020). Penanaman CiLi (Cinta Lingkungan) pada siswa melalui program lingkungan sekolah tanpa sampah plastik. Jurnal PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(1).

Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109-119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569

Efendi, N., Barkara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Goni, M. A., Safy, A. S. T., Nursyifakan, F., & Oktapiani, Z. (2023). Pendidikan Lingkungan Hidup di Desa Cibunian.. SAHID MENGABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sahid Bogor, 2(02), 36-42. https://doi.org/10.56406/jsm.v2i02.326

Hariandi, A., Dwitama, D. B. D. P., Rahman, N. A., Ramadhani, R., & Yunsacintra, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10155–10161. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3328

Haul, S., Narut, Y. F., & Nardi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 65-76.

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan melalui Model Experiential Learning. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 73–76. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Islamudin, I., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Mulai Budaya Sekolah. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 711–720. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9471

Ismail, M. J. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Khoerunisa, S. (2024). Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Dalam Penerapan Eco Literacy Untuk Mendukung ESD Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), 110-118. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i1.69282

Kusumawardani, R. R. W. A., & Kuswanto, K. (2020). Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Ekopedagogik Pada Anak Usia Dini Berlandaskan Konsep Jan Ligthart. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 94-99. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31997

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lickona, T. (2004). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. Touchstone.

Masruroh, M. (2018). MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DENGAN PENDIDIKAN. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press

Nantara, D. . (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251–2260. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3267

Nurseto, H. E. (2022). Peningkatan Kepedulian Lingkungan pada Siswa Sekolah melalui Bank Sampah di Desa Tangsimekar, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 11(1), 67-69. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.26408

Oktarina, E., Wardhani, K., & Marwanti, E. (2020). Implementasi Environmental Literacy di SD Negeri Bakalan Bantul. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 492-500. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8648

Permatasari, D. R. ., Jamaluddin, & Lalu Zulkifli. (2022). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dengan Hasil Belajar Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 134–140. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1985

Purnomo, T. A., & Sunarsih, D. (2023). Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-organik di SDN Banjarharjo 07 Jawa Tengah. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 465-472. https://doi.org/10.54082/jamsi.687

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Ramadhani, M. R., Fernanda, R., Sari, R., & Lubis, H. (2018). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2406

Rukmini, P. (2020, Desember). Pengolahan Sampah Organik untuk Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF). In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020 (Vol. 1, No. 1).

Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: Pustaka Ellios

Suhaidi, M. F., Nisa, K., & Sobri, M. (2024). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Kegiatan Sabtu budaya di Sekolah. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 645-652. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8765

Tarmidzi, T., & Sugiarti, I. Y. (2019). Pengaruh Kultur serta Kebiasaan dan Pembiasaan Positif di Sekolah terhadap Karakter Religius dan Peduli Lingkungan Siswa SD di Kota Cirebon. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 248-256. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35192

Tresnani, L. D. (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Pembiasaan di SMP Negeri 6 Pekalongan. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 108-117. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i1.431

Varela-Candamio, L., Novo-Corti, I., & García-Álvarez, M. T. (2018). The Importance of Environmental Education in the Determinants of Green Behavior: A Meta-Analysis Approach. Journal of cleaner production, 170, 1565-1578. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.09.214

Vitriasari, L., & Wandani, R. W. (2024). IMPLEMENTATION OF ENVIRONMENTAL CARE CHARACTER EDUCATION AT SDN ABCD BANDUNG. In International Conference on Elementary Education (Vol. 6, No. 1, pp. 277-285).

Yusuf, N. M., & Ahsan, A. A. (2023). Gambaran Karakteristik Siswa Melalui Keteladanan Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 441-452. https://doi.org/10.58230/27454312.240

Zalfa, A. Z. A., Shobihah, A., & Fadhil, A. (2022). Peranan Lingkungan Sekolah terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMAN 111 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 835-841. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54803

Author Biographies

Asep Ahyar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Nofri Yadi, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Dede Supriyanto, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

License

Copyright (c) 2025 Asep Ahyar, Nofri Yadi, Dede Supriyanto, Jenuri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).