Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Authors

Laelin Fakhriyani , Sri Subarinah , Dwi Novitasari , Nyoman Sridana

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10233

Published:

2025-01-18

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Fast-accurate, Reflektif, Impulsif, Slow-inaccurate

Articles

Downloads

How to Cite

Fakhriyani, L., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif . Journal of Classroom Action Research, 7(1), 33–40. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10233

Downloads

Metrics

PDF views
56
Jan 19 '25Jan 22 '25Jan 25 '25Jan 28 '25Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '256.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi pada konten geometri dan pengukuran ditinjau dari  gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX  SMP Negeri 13 Mataram yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 3 siswa bergaya kognitif fast-accurate, 11 siswa bergaya kognitif reflektif, 12 siswa bergaya kognitif impulsif dan 4 siswa bergaya kognitif slow-inaccurate.Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu i) tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) untuk penentuan gaya kognitif, ii) tes kemampuan numerasi dengan 5 bentuk soal terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian, dan iii) pedoman wawancara. Analisis dilakukan berdasarkan tiga indikator kemampuan numerasi, yaitu (1) menggunakan berbagai macam angka atau simbol terkait matematika dasar, (2) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, gambar dan lain sebagainya, (3) menafsirkan hasil analisis permasalahan untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) siswa fast-accurate dan reflektif mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan numerasi, walaupun siswa reflektif membutuhkan lebih banyak waktu; b) siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu memenuhi dua indikator kemampuan numerasi yaitu indikator (1) dan (2) karena belum maksimal dalam menggunakan informasi yang diperoleh; c) siswa dengan gaya kognitif slow-inaccurate hanya dapat memenuhi satu indikator (1) kemampuan numerasi karena belum memahami soal AKM numerasi. Oleh karena itu dapat disimpulkan siswa slow-inaccurate belum mampu menyelesaikan soal konten geometri dan pengukuran.

References

BPMP NTB. (2022). Rencana Strategis Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mataram: Kemendikbudristek BPMP NTB.

Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara, E. (2022). PISA dan AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi (Issue June). Subang: Unsub Press.

Febrianti, Prayitno, S., Azmi, S., & Arjudin. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 519–527. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i2.9885

Hairani, Prayitno, S., Turmuzi, M., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Media Pendidikan Matematika, 11(2), 177–196. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i2.9885

Indah, N., Prayitno, S., Amrullah, & Baidowi. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 106–114. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.52

Jannah, R., Darmiany, & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–127.

Kusumawardhani, R. A., Agustina, L., & Galatea, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11, 107–115.

Maulidia, A., Saputro, M., & Desy Susiaty, U. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1877–1883. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.412

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analasis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nabilah, Amrullah, Lu’luilmaknun, U., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 185–191. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2643

Nadiyatush, S., Sri, S., Salsabila, N. H., & Arjudin. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 978–987.

Narianti, W. I., & Masriyah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 21–41.

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. In OECD. Paris: OECD Publisihing.

Padian, B. H. L., Subarinah, S., Tyaningsih, R. Y., & Soeprianto, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 73–80.

Rahmat, & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 48–53. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378

Ramadanti, A. V., & Syahri, A. A. (2022). Deskripsi Keterampilan Metakognitif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 32–42.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Simamora, E. W., & Akhiruddin, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Mahasiswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(2), 89–95. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss2year2022page89-95

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Prosiding SINAPMASAGI (Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi), 2(1), 44–48.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Laelin Fakhriyani, Universitas Mataram

Sri Subarinah, Universitas Mataram

Dwi Novitasari, Universitas Mataram

Nyoman Sridana, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Laelin Fakhriyani, Sri Subarinah, Dwi Novitasari, Nyoman Sridana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).