Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Materi Lingkaran Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10283Published:
2025-01-21Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write (TTW), Pemahaman Konsep MatematikaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMK Yarsi Mataram pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dengan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Yarsi Mataram yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas F1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah dan kelas F2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian. Melalui analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa kelas kontrol sebesar 94%, aktivitas guru dan siswa kelas eksperimen sebesar 96%, rata-rata skor posttest kelas kontrol sebesar 50,68, dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,79. Hasil uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,697 dan t-tabel sebesar 1,996, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis materi lingkaran siswa kelas XI SMK Yarsi Mataram.
References
Annisa, N., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pada Siswa Kelas II SDN Rato Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(2)
Apriadi, H. (2021). Pengembangan Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 173-187
Aralaha, R., Paulus, D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Indramayu: Penerbit Adab
Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing dan Solving: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jawa Barat: CV Jejak
Baidowi, Amrullah, & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Leason Study. Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1-12.
Depdikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Desvi, Y. D. (2020). Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery. Indonesia: Guepedia.
Farianti, R., Subarinah, S., Lu’luilmaknun, U., & Amrullah. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita pada Siswa SMPN. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 745–753
Gusnita, L., & Irwan. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(4), 73-80
Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung “Teori dan Praktik”. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Isro’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusmayadi, M. A. ., Makki, M. ., & Syazali, M. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 255–258.
Murwatiningsih, E., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Model Think Talk Write Dan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(1), 42–53.
National Council of Teachers of Matematika (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. Virginia: Author.
Nazwa, E. R., Fauziah, R. A. N., Pratama, R. I., & Bardi, S. P. (2023). Efektivitas Metode Presentasi terhadap Pemahaman Landasan Filosofis Pendidikan Mahasiswa Teknologi Pendidikan UPI. Jurnal Pendidikan, sains, dan teknologi, 2(2), 337-341
Ponidi, N. A. K. D., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E.S., M. K., Puastuti, D., W. A., & Anggraeni, L., Utami, B. H. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Penerbit Adab.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rosyadi, A. A. P. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87-96.
Sukarini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 12-20.
Yamin, M., dan Ansari. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman konsep matematika dengan metode discovery. Guepedia.
Author Biographies
Soraya Oktaria, Universitas Mataram
Harry Soeprianto, Universitas Mataram
Tabita Wahyu Triutami, Universitas Mataram
Amrullah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Soraya Oktaria, Harry Soeprianto, Tabita Wahyu Triutami, Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).