Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

Ayim Binasti , Arjudin , Junaidi , Nyoman Sridana

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10302

Published:

2025-01-18

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Problem Based Learning, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Binasti, A., Arjudin, Junaidi, & Sridana, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10302

Downloads

Metrics

PDF views
82
Jan 19 '25Jan 22 '25Jan 25 '25Jan 28 '25Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '256.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint Interaktif terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat pada kelas VII SMP Negeri 17 Mataram Tahun Ajaran  2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu atau quasi eksperimental tipe non equivalent control group design yaitu pretest-postest control group design. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pengisian tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian sebanyak 76 siswa yang terdiri dari 38 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol yang mewakili populasi sebanyak 182 siswa. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogen serta uji hipotesis berupa uji-t. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint Interaktif terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat pada kelas VII SMP Negeri 17 Mataram Tahun Ajaran  2024/2025 yang ditunjukkan dengan perhitungan nilai signifikansi 0,048 < 0,05.

References

Adha, D., Kusniati, & Bahri, S. (2024). Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 721-726, https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9114

Aniswita, A., Yogi, S., & Gema Hista, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63-68, http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12589

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Dwi Raharjo, T., Fajriyah, L., Agustina D. A., I., Hardiansyah, A., & Ayu S., K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0. Makassar: Tohar Media.

Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 26(2), 243-250, http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i2.36105

Depdiknas. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Depon, A. F., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Ppt Interaktif Dan Lkpd Pada Pembelajaran Segi Empat Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jonggat Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1983-1993, https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9977

Devi, V. M. (2023). Feasibility of Science Learning Devices with Integrated PBL Models of STEM Approach to Improve Students' Problem- Solving Ability and Self-Efficacy. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 47-51, https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4351

Erviana, V. Y., Sulisworo, D., Robi’in, B., & Afina, E. R. N. (2022). Berbantuan Virtual Reality. Yogyakarta : K-Media.

Fadila, F., Arjudin, Triutami, T.W., & Sripatmi. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 727-732, https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9385

Haliza, N., Hajari, V., Amirah. K., U., Dimas. J., M., & Nurbaiti. (2022). Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint Yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan Dan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 2(2), 2803–2811. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=5484302636770742115

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 2(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Lu'luilmaknun, U., Kertiyani, N. M. I., & Arjudin, A. (2024). Pengembangan PowerPoint Interaktif Berorientasi terhadap Pemahaman Konsep Dasar Persamaan Diferensial Parsial. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 341-348. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7260

Nurhidayati, R., Mahrus, Lestari, T.A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 482-487, https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i3.8034

Permendikbud. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta : Permendikbud.

Puspitasari, I.A., Azainil., & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 75-92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847

Wiguna, I., Arjudin, A., Hikmah, N., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 550-558. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.105

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-faktor determinan hasil belajar siswa. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Yani, V. P., Azmi, S., & Turmuzi, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 262-268, https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4289

Yohanes, B. (2020). Matematika Sekolah. Yogyakarta: Elmatera.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Ayim Binasti, Universitas Mataram

Arjudin, Universitas Mataram

Junaidi, Universitas Mataram

Nyoman Sridana, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Ayim Binasti, Arjudin, Junaidi, Nyoman Sridana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).