Pengembangan LKPD Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10306Published:
2025-01-30Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
LKPD, Kearifan Lokal, Augmented Reality, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir KreatifArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi kearifan lokal berbasis augmented reality berbantuan aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap validasi, produk dinilai oleh validator ahli menggunakan indeks validitas Aiken’s V dan reliabilitas Percentage of Agreement (PA). Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berada dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor Aiken’s V > 0,80. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai rata-rata PA ≥ 0,93 yang mengindikasikan produk berada dalam kategori reliabel. Produk yang dikembangkan memadukan nilai-nilai budaya lokal, seperti tradisi panjat pinang, dengan teknologi augmented reality, yang memungkinkan peserta didik mengakses model 3D melalui perangkat smartphone. LKPD ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi IPA melalui pendekatan kontekstual dan interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi kearifan lokal berbasis augmented reality layak diimplementasikan dalam pembelajaran untuk mendukung keterampilan proses sains dan berpikir kreatif peserta didik.
References
Aiken, L. (1985). Psychological Testting and Assessment 9th Edition. USA: Allyn and Bacon.
Aprianti, L., Muktadir, A., & Parmadi, B. (2024). Pengembangan e-LKPD Terintegrasi Kearifan Lokal Bengkulu Utara Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 13-19.
Aulia, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1-7.
Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78.
Djamaludin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaafah Learning Center
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Islamiyati, D., Rokhmat, J., & Anwar, Y. A. S. (2024). Pengembangan LKPD Kearifan Lokal Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif: Systematic Literature Review. Kappa Journal, 8(2), 301-306.
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378.
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis ccm-cca pada materi dinamika partikel. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 54-58.
Naqiyah, M., & Rosana, D. (2019). Developing Physics Learning Tools Based on Local Wisdom in the Form of Musical Instrument of Gandrang Bulo Dance as Learning Source in Sound Wave. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 609-626.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Ramdani, A., Purwoko, A. A., Sukarso, A. A., & Sucilestari, R. (2024). Science Learning Innovation Using Augmented Reality Technology to Achieve Sustainable Development Goals (SDGs) through Increasing Students' Critical Thinking Abilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 10(4), 1675-1684.
Rexa, B. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Augmented Reality Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMK N 2 Lamongan. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(01).
Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal NTB untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas IV sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70.
Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik tematik-integratif berbasis pendidikan karakter pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).
Sumardi, L., Mustari, M., Herianto, E., Fauzan, A., & Kurniawansyah, E. (2023). Ethnocivic: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 237-242.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for training teacherof expectional Children. Minneapolis. Minnesota. Leadership Training Institute/Special Education. University of Minnesota.
Wahyuni, S., & Pramudiyanto, A. (2017). Optimalisasi Budaya Literasi Melalui Program Journaling-Feedback.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Dian Islamiyati, Universitas Mataram
Joni Rokhmat, Universitas Mataram
Yunita Arian Sani Anwar, Universitas Mataram
Mahrus, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Huraiza Mahmudah, Dian Islamiyati, Joni Rokhmat, Yunita Arian Sani Anwar, Mahrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).