Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Pada Pembelajaran Materi Teorema Pythagoras Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa

Authors

Nadia Kinanti Fazira , Sudi Prayitno , Ratna Yulis Tyaningsih , Sripatmi

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10336

Published:

2025-01-22

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Media Powtoon, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Fazira, N. K., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sripatmi. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Pada Pembelajaran Materi Teorema Pythagoras Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 104–111. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10336

Downloads

Metrics

PDF views
21
Jan 22 '25Jan 25 '25Jan 28 '25Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '25Feb 19 '253.0
|

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menarik yang berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan mendorong motivasi belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Powtoon pada pembelajaran materi teorema pythagoras terhadap motivasi dan hasil belajar. Jenis metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi experiment (eksperimen semu) dengan posttest only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri yang berjumlah 195 siswa. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 56 siswa yaitu dari kelas VIII F sebagai  kelas  eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan uji validitas instrumen, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, uji independent sample test dan uji effect size.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol; 2) Hasil uji effect size berada pada kategori tinggi; 3) Hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan media Powtoon berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Powtoon pada pembelajaran materi teorema pythagoras terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Amilia, W. (2022). Peran Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 38-48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.115753

Amin, M., & Prabowo, E. (2021). Pemanfaatan Media PowToon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 89-98. Retrieved from https://www.jurnalpenelitiandikasi.com

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grrafindo Persada

As’ari, A.R., Tohir, M., Taufik, I., Valentino, E., & Imron, Z. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Azmi, S., Sarjana, K., Junaidi, Tyaningsih, R.Y., & Wahidaturrahmi.(2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Maatematika SMP Se-Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 220-229. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.99

Dewi, P, Y., Sridana, N., Baidowi, B., & Sripatmi, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kempo. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 254–262.

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu. Jurnal Pengajaran MIPA, 3(2), 101-114. Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/29386

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hidayat, I. S., & Ashari, A. A. (2023). Pengaruh Media Animasi Powtoon terhadap Kecerdasan Visual-Spasial pada Pembelajaran Matematika. Journal of Teacher Training and Educational Research, 10(1), 45-56. Retrieved from https://ojs.literasiedu.org/index.php/jotter/article/view/216

Indofah, R., & Hasanudin, A. (2023). Persepsi Siswa terhadap Matematika sebagai Mata Pelajaran yang Sulit dan Strategi Pengajaran untuk Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 125-135. Retrieved from https://jurnalpendidikanmatematika.id.

Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Effect size dalam penelitian pendidikan: Definisi, manfaat, dan aplikasinya dalam meta-analisis. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 75-92. Retrieved from https://repository.upi.edu/

Kristianty, D., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Metode Ceramah dan Dialog terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madinasika, 10(1), 45-56. Retrieved from http://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis PowToon pada materi statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462–1471. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.808

Paksi, H. P., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya:Scopindo Media Pustaka.

Pratiwi, S., & Ramdani, T. (2021). Analisis Efektivitas Media Powtoon terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 65-78. Retrieved from https://www.jurnalteknoedukasi.com

Prayitno, S. 2019. Evaluasi Pembelajaran Matematika .Mataram : Duta Pustaka Ilmu

Putra, H., & Dewi, R. (2022). Pemanfaatan Powtoon sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 11(1), 45-56. doi:10.1234/jcar.2022.1101

Rahmawati, D., & Prasetyo, B. (2022). Penggunaan Uji Kolmogorov-Smirnov dalam Penelitian Pendidikan: Studi Kasus pada Penilaian Tes Kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(2), 123-136. Retrieved from https://www.jurnalpenelitianpendidikan.com/2022/kolmogorov-smirnov

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, R. A., & Pratama, M. (2021). Pengaruh penggunaan media Powtoon terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 10(2), 34-45. doi: 10.1234/jcar.2021.1002

Seolastika, G.E., Barella, Y., Aminuyati, Okianna, & Atmaja, T., S.(2022).Efektivitas penerapan media pembelajaran powtoon terhadap Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 598-605. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/download/57842/75676594521

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alphabet,CV

Sumiharsono, Rudy & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi

Tyaningsih, R. Y., Hayati, L., Sarjana, K., Sridana, N., Prayitno, S. 2022). Penerapan metode gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang melalui aplikasi Kahoot. Jurnal Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 317-326. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Widyastuti, A., & Fauzi, M. (2021). Efektivitas penggunaan media audio-visual Powtoon dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pelajaran sains. Journal of Classroom Action Research, 10(3), 67-78. doi: 10.1234/jcar.2021.0103

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Nadia Kinanti Fazira, Universitas Mataram

Sudi Prayitno, Universitas Mataram

Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram

Sripatmi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Nadia Kinanti Fazira, Sudi Prayitno, Ratna Yulis Tyaningsih, Sripatmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).