Pengaruh Model PBL dengan Konteks Budaya Sasambo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Authors

Rekha Hesti Syafitri , Nani Kurniati , Dwi Novitasari , Laila Hayati

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10337

Published:

2025-01-22

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Articles

Downloads

How to Cite

Syafitri, R. H., Nani Kurniati, Dwi Novitasari, & Laila Hayati. (2025). Pengaruh Model PBL dengan Konteks Budaya Sasambo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10337

Downloads

Metrics

PDF views
59
Jan 22 '25Jan 25 '25Jan 28 '25Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '25Feb 19 '256.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) dengan konteks budaya Sasambo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan posttest-only control design. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram, sampel penelitian kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIA sebagai kelas kontrol yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis dalam bentuk soal uraian.  teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pada pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji effect size menggunakan rumus Cohen’s. Berdasarkan hasil penelitian: 1) hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, 2) hasil uji effect size diperoleh  yang termasuk dalam kategori tinggi, 3) rata-rata nilai kelas eksperimen  dan kontrol , artinya rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh problem based learning (PBL) dengan konteks budaya Sasambo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025.

Author Biography

Rekha Hesti Syafitri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Rekha Hesti Syafitri, Nani Kurniati, Dwi Novitasari, Laila Hayati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).