Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras

Authors

Aprilia Sukma Dewi April , Syahrul Azmi , Tabita Wahyu Triutami , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10367

Published:

2025-01-22

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Media Interaktif, Situs Google, Model 4D, Komunikasi Matematika, Teorema Pythagoras

Articles

Downloads

How to Cite

April, A. S. D., Azmi, S., Triutami, T. W., & Prayitno, S. (2025). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 125–131. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10367

Downloads

Metrics

PDF views
82
Jan 22 '25Jan 25 '25Jan 28 '25Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '25Feb 19 '253.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media interaktif berbasis Google sites yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP. Media interaktif berbasis Google sites dikembangkan melalui empat tahap sesuai dengan prosedur model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap devlopment. Kevalidan atau kelayakan media interaktif dapat diketahui melalui lembar validasi ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan uji aiken v untuk mengukur validitas produk, uji keparktisan dan uji N-Gain untuk mengukur efektivitas media. Validator ahli media memberikan skor rata-rata 0,90 dengan kategori sangat valid dan ahli materi memberikan skor 0,94 dengan kategori sangat valid atau sangat layak. Efektivitas media interaktif diukur dengan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Selanjutnya dilakukan uji coba kepada 27 siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Berdasarkan hasil pre-test diperoleh nilai 16,78 dan hasil post-test sebesar 37,48 dengan nilai rata-rata standart n-gain sebesar 0,73 dengan interpretasi tinggi atau efektif. Hasil angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 74,1% dengan kategori baik dan angket respon guru memperoleh presentase sebesar 93,3% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis situs Google dinyatakan layak, efektif dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas.

References

Agustina, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Teorema Pythagoras. Uin-Suska.Ac.Id.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Andira, N. E., & Puspasari, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Google Site Berbantuan Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTPdi SMK Negeri 1 Jombang. Journal Of Social Science Research, 3(2), 4299–4312.

Anggriani, F., Anggaraini, S. D., Ginting, S. D., & Ramadhani, R. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 10–13. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3703

Azmi, S., Hayati, L., Hapipi, H., & Triutami, T. W. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 163–169. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2249

Bay, R. L., Kurniati, N., & Lu’luilmaknun, U. (2024). Efektivitas Model Problem based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPN 23 Mataram Tahun Ajran 2023/2024. Griya Journal of Mathematics Education and Applicaton.

Gia, A. A., & Surizka, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Pemahaman Proses Pembuatan Video Profile Pada Mahasiswa DKV Universitas PGRI Silampari. Jatilima, 05, 95–99.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hidayah, N., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-ended ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMAN 1 Terara Tahun Ajaran 2022 / 2023. April.

Khair, N., Sarah, R., Iskandar, F., & Sukmawati, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 22, 201–209.

Laily, A. N., Indriani, A., & Mayasari, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 27–36. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.4078

Maharani, & Arjudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Repository Universitas Mataram.

Muhyati, S., & Efendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika.

Munandar, A. H. (2022). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System ( LMS ) Moodle pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Lingsar. 2(September), 841–852.

Muslimah, N. A., Nuraziziah, D., & Ferdianto, F. (2023). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Maatematika.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: Library of Congress Cataloguing-in-Pblicaton-Data.

Nurdianti, & Arjudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Repository Universitas Mataram.

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462–1471. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.808

Permadi, U. N., & Huda, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Smk. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378

Sudyana, I. N., & Frantius, D. (2016). Efektivitas Modul Konsep Asam Basa Berorientasi Keterampilan Generik Sains. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 148–155.

Suliyani, A., Kurniawan, E., & Kurniati, N. (2024). Pengaruh Kemandirian dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. 6(1).

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Yuniar, A. R., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Informatika Berbasis Google Site Custome Domain. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 360–368. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2105.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Aprilia Sukma Dewi April, Anak Kandung

Syahrul Azmi, Universitas Mataram

Tabita Wahyu Triutami, Universitas Mataram

Sudi Prayitno, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Aprilia Sukma Dewi April, Syahrul Azmi, Tabita Wahyu Triutami, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).