Efektivitas Media Pembelajaran Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

Ahmad Madhoni Ashriyanto , Baidowi , Ratna Yulis Tyaningsih , Amrullah

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10381

Published:

2025-01-20

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Cabri 3D, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar

Articles

Downloads

How to Cite

Ashriyanto, A. M., Baidowi, Ratna Yulis Tyaningsih, & Amrullah. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar . Journal of Classroom Action Research, 7(1), 72–77. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10381

Downloads

Metrics

PDF views
45
Jan 22 '25Jan 25 '25Jan 28 '25Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '253.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran Cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgasela. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgasela tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan media Cabri 3D sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan alat peraga bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes hasil belajar siswa yang digunakan terdiri dari 5 soal uraian dengan materi bangun ruang sisi datar. Rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu .  Data dianalisis menggunakan uji t, diperoleh hasil sehingga  diterima. Hal ini terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan media pembelajaran Cabri 3D. Dimana Rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Cabri 3D lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar kelas kontrol yang menggunakan alat peraga bangun ruang sisi datar. Penerapan media Cabri 3D efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgasela Tahun Ajaran 2023/2024.

References

Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922

Awwalin, A. A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 225–230. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.225-230

Baidowi, Hikmah, N. & Amrullah. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal. 1(1), 1-12.

Buchori, A. (2010). Keefektivan Penggunaan Autograph, Cabri 3D dan Maple sebagai Media Pembelajaran Matematika. In AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/74

Ertekin, E. (2014). Is Cabri 3D Effective for the Teaching of Special Planes in Analytic Geometry? International Journal of Educational Studies in Mathematics, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.17278/ijesim.2014.01.003

Hendriana, B. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cabri 3D Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 112–120. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1740

Hikmah, R., & Selvia, N. (2019). Pelatihan Cabri 3D V2 untuk Menigkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 155. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3329

Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi & Sripatmi. 2023. Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Journal Of Mathematics Educations. 2(1), 36-50.

Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi., & Sripatmi. (2023). Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2639

Ningsih, S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2024). Perbedaan hasil belajar biologi peserta didik menggunakan media tiga dimensi (3D) berbasis Android dengan media video pembelajaran. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 462-468. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.8251

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R., Sarjana, K. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3b), 1462-1471 . https://doi.org/10.29303/jippv713b.808

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847

Safrina, K., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika. 1(1). https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1333

Sari, E. W., Sridana, N., Hayati, L., Hikmah, N. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2 (2), 537-546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Turmuzi, M., Kurniati, N., Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (1), 25-37. http://dx.doi.org/10.20527.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Ahmad Madhoni Ashriyanto, Universitas Mataram

Baidowi, Universitas Mataram

Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram

Amrullah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Ahmad Madhoni Ashriyanto, Baidowi, Ratna Yulis Tyaningsih, Amrullah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).