Hubungan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10400Published:
2025-01-21Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Motivasi Belajar, Pemecahan Masalah, Gaya BelajarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram sebanyak 10 kelas mulai dari kelas VIII A sampai kelas VIII J. Sampel penelitian ini yaitu 40 siswa kelas VIII J SMPN 2 Mataram.Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket motivasi belajar, angket gaya belajar dan soal kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya belajar siswa SMPN 2 Mataram berdasarkan proporsi motivasi belajar nilai korelasinya adalah 0,069 artinya sangat lemah, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar visual memiliki nilai korelasi 0,0827 artinya sangat lemah. Motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar auditorial memiliki nilai korelasi 0,473 artinya cukup. Motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar kinestetik nilainya -0,1046 artinya sangat lemah. motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan proporsi kemampuan pemecahan masalah nilainya adalah 0,0162 artinya sangat lemah, kemudian motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar visual nilainya 0,0852 artinya sangat lemah. Motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar auditorial nilainya 0,1985 artinya sangat lemah. Motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar kinestetik nilainya -0,0742 artinya sangat lemah.
References
Al Fasha, C., Sarjana, K., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6025
Artayasa, I. P., Noviani, E., & Widaswara, K. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran E-Learning Berdasarkan Gender. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 241-246. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4441
Astuti, E. A., Nurimani, & Wulandari, A. (2021). Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 73–79.
Beben. Muharim, L. O. Aspin (2018). Hubungan Gaya Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Napabalano. Jurnal Bening 2(1). http://dx.doi.org/10.36709/bening.v2i1.10583
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 5(2). https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fasha, C. A., Sarjana, K., Junaidi., & Sridana, N. (2023. Pengaruh motivasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. November 2023, Volume 5, Nomor 4, 417-424. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6025
Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 65. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.65-76
Halilianti, B. Y., Sripatmi., Azmi,. S., & Sridana, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application 2(2).
Lestari, D. E., Kurniati, N., & Azmi, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Barisan dan Deret. 7(September), 1078–1085. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.719
Meilani, E., Nurimani, & Warti, E. (2020). Hubungan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Vektor di Kelas XI SMA IT Al- ‘ Arabi Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 267–272.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia.
Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Kencana Jakarta.
Siyoto, S & Sodik, A. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishin.
Sripatmi., Baidowi., & Fitriani. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Education Journal, Vol 1, No 2: Desember 2019.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sulastri, M., Hayati, L., Hikmah, N., & Azmi, S. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 1 Nomor 4, Desember 2021
Sunarti, R. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan MAsalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 21. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642
Wulandari, A. E., Ervin, A., & Jusra, H. (2018). Hubungan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01, 397–405.
Author Biographies
Ade Lina Eka Pradita, Universitas Mataram
Baidowi, Universitas Mataram
Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram
Ketut Sarjana, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Ade Lina Eka Pradita, Baidowi, Ratna Yulis Tyaningsih, Ketut Sarjana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).