Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Keanekaragaman Hayati Fase E SMA/MA.
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10476Published:
2025-03-07Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian pengembangan dilatarbelakangi karena LKPD yang dibuat oleh guru belum memenuhi struktur komponen yang sesuai dengan LKPD pada umumnya. Evaluasi terhadap LKPD yang ada menunjukkan beberapa kekurangan, yaitu belum dicantumkannya mata pelajaran dan semester, serta belum adanya komponen penilaian meskipun sudah memuat tugas dan langkah kerja yang sesuai. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan LKPD dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kelebihan dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan permasalahan kontekstual. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL pada materi keanekaragaman hayati yang valid dan praktis untuk siswa SMA/MA fase E. Pengembangan dilakukan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dibatasi hingga tahap develop dengan melakukan uji validitas dan praktikalitas. Validasi dilakukan oleh tiga orang dosen, sedangkan uji praktikalitas melibatkan dua guru biologi dan 35 siswa. Analisis data menggunakan teknik persentase yang kemudian diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas LKPD mencapai 93%, dengan tingkat praktikalitas dari guru sebesar 98% dan dari siswa sebesar 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL untuk materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan untuk siswa fase E SMA N 4 Padang telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.
Author Biographies
Nadia Maryuningsih, Universitas PGRI Sumatera Barat
Ade Dwi Maharani, Universitas PGRI Sumatera Barat
Zikra, Universitas PGRI Sumatera Barat
License
Copyright (c) 2025 Nadia Maryuningsih, Ade Dwi Maharani, Zikra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).