Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa

Authors

Hera Sukmawati , Siti Rohana Hariana Intiana , Hasnawati , Ilham Handika

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10493

Published:

2025-02-13

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Teams Games Tournament, Wordwall, Pemahaman Konsep IPA

Articles

Downloads

How to Cite

Sukmawati, H., Intiana, S. R. H., Hasnawati, & Handika, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 197–205. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10493

Downloads

Metrics

PDF views
151
Feb 13 '25Feb 16 '25Feb 19 '25Feb 22 '25Feb 25 '25Feb 28 '25Mar 01 '25Mar 04 '25Mar 07 '25Mar 10 '25Mar 13 '257.0
|

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV di SDN 37 Cakranegara masih rendah. Permasalahan tersebut disebabkan karena penerapan pembelajaran IPA hanya berfokus pada kegiatan menghafal informasi dan terpaku pada buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV di SDN 37 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Populasi terdiri dari 20 orang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep IPA peserta didik dan observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif berupa persentase dan diperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat baik. Teknik analisis data menggunakan uji t, namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, diperoleh data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi > 0,05. Hasil uji homogenitas pretest dan posttest mendapatkan sig. sebesar 0,049 dan 0,910 yang artinya > 0,05 maka data dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji independent sample t test mendapatkan sig. (2-tailled) 0,029 < 0,05 dan nilai thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 2,265 ≥ 2,024, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain diperoleh gain sebesar 0,5746 yang menunjukkan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV di SDN 37 Cakranegara dengan besar pengaruh 0,5746 yang termasuk dalam kategori sedang.

Kata Kunci: Teams Games Tournament, Wordwall, Pemahaman Konsep IPA

References

Afiyah, N. N., & Wahyuningsih, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Team Game Tournament) Melalui Media Wordwall Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas Xi Sman 1 Menganti. Laterne, 12(3), 1-10.

Alamsah, G., Sadiah, A., & Nurdianti, R. R. S. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Global Education Journal, 1(3), 219-229. DOI: https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.177

Alfira, A., & Syofyan, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA daur kehidupan hewan siswa SD. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7 (1), 177. DOI: https://doi.org/10.29210/022080jpgi0005

Anisa, F. N., Turmuzi, M., & Triutami, T. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 51-59. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6719

Aprilanti, H., Qurbaniah, M., & Muldayanti, N. D. (2016). “Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI MIA SMA Negeri 4 Pontianak”. Jurnal Biologi Education, 3(2), 63-77.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). “Penerapan Wordwall Game Quis Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi”. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Artayasa, I. P., Rosyidi, M. A., Kechik, M. A., & Yustiqvar, M. (2024). The Impact of Biopreneurship Project-Based Science Learning on Students' Entrepreneurial Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(3). https://doi.org/10.15294/fj8bwr22

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112-120.

Hasnawati, H., Syazali, M., & Widodo, A. (2023). Perbedaan tingkat pemahaman konsep sains mahasiswa calon guru sd ditinjau dari background jurusan sekolah asal. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1607-1611. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12888

Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12-28. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540

Jauhar, S., & Nur, N. (2022). Sudirman,“Teaching Professional Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone,” Glob. J. Teach. Prof, 1(3), 371-378.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi dalam materi IPA sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166-175.

Marwiguna, I., Widiyanto, J., & Wahyuni, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas 2 Sdn 01 Nambangan Lor. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18081

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1758

Matovani, D. S., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran sole (self organized learning environment) menggunakan media quiziz terhadap pemahaman konsep. Journal of Classroom Action Research, 4(4). DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2231

Nirawan, D. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. DOI: https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430

Permadi, R. N., Kartikowati, S., & Rizka, M. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP. Journal of Education Research, 4(1), 197-202. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.139

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Rahayu, B. A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 14-20. DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12038

Rahman, P. A., Baalwi, M. A., & Lestari, W. M. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.995

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa siswa kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Widiyanto, R. (2020). Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widodo, W. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(3), 219-225.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Hera Sukmawati, Universitas Mataram

Siti Rohana Hariana Intiana, Universitas Mataram

Hasnawati, Universitas Mataram

Ilham Handika, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Hera Sukmawati, Siti Rohana Hariana Intiana, Hasnawati, Ilham Handika

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).