Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas ll SDN 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2024/2025
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10497Published:
2025-02-12Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Kesulitan Membaca, Permulaan, HurufArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 28 Cakranegara dan mendeskripsikan cara mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 28 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II SDN 28 Cakranegara yaitu kesulitan dalam mengenal huruf, kesulitan dalam mengenal huruf vocal, huruf konsonan, dan huruf diftong, sulit dalam mengeja huruf dan sulit dalam membaca kalimat sederhana. Adapun cara mengatasi kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas II SDN 28 Cakranegara yaitu, memberikan perhatian lebih terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, menambah jam membaca setelah KBM, membaca bersama, belajar sambil bermain dan kerjasama dengan orang tua siswa.
References
Abdurrahman, M. (2019). Anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Andriyani, J. (2020). Peran lingkungan keluarga dalam mengatasi kenakalan remaja. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 86-98.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analısıs Kesulıtan Belajar Membaca Sıswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 42-54.
Asikin, M. A., Safruddin., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Siswa Dalam Belajar Tatap Muka Terbatas. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131-138.
Erfan, M., & Tahir, M. (2023). Metode Bermain Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa SD. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 78-81.
Fauziah, H. (2018). Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas i mi. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173-184.
Fitriyah, N. K., Ulfiana, U., Dewi, R. R., & Salimi, M. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 1, pp. 555-565).
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296-3307.
Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa selama pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 3(2), 379-386.
Ihsanda, B. A., Darmiany., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’ arif. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 27-34.
Istiqoma, N., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 12-17.
Junnah, H., Sudirman., Husniati., & Zain, M. I. (2023). Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 277-282.
Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277-287.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.
Ramadhan, R. R., & Tarmini, W. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960-965.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktek dan Penilaian.Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv
Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal curere, 2(2)
Utami, A. L. C., Prananosa, A. G., & Firduansyah, D. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SD. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 383-405.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Gita Herawati, University of Mataram
Sudriman, Universitas Mataram
Muhammad Sobri, Universitas Mataram
Muhammad Tahir, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Gita Herawati, Sudriman, Muhammad Sobri, Muhammad Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).