Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Konten Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid (Hukum Nun Mati dan Tanwin) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10515Published:
2025-03-18Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Strategi Pembelajaran, Diferensiasi Koten, Pemahaman Ilmu TajwidArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa baru mengenal tajwid di sekolah sehingga siswa kurang memahami ilmu tajwid (hukum nun mati dan tanwin), siswa tidak menguasai juga tidak memahami materi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan memberikan tugas, siswa juga tampak tidak semangat dan siswa mengantuk.. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua peserta didik kelas III di SDTQ Al-Ikhlas. Sementara sampel yang digunakan adalah kelas III Akhwat sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang. Sedangkan kelas III Ikhwan digunakan sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran diferensiasi konten untuk meningkatkan pemahaman ilmu tajwid (hukum nun mati dan tanwin) pada mata pelajaran Al-Quran di Kelas III SDTQ Al-Ikhlas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif desain eksperimen semu (quasi-experiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran diferensiasi konten pada mata Al-Quran materi tajwid (hukum nun mati dan tanwin) berlangsung dengan sangat baik, hasil pengolahan data uji paired sampel t-test tersebuat output Pair 1 menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang < 0,05. Ini mengidentifikasikan adanya perbedaan signifikan antara peningkatan pemahaman ilmu tajwid (hukum nun mati dan tanwin) peserta didik pada pretest dan posttest di kelas eksperimen. Serupa dengan itu, output Pair 2 juga menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, < 0,05. Hal ini ada ketidaksamaan yang signifikan dalam peningkatan pemahaman ilmu tajwid (hukum nun mati dan tanwin) peserta didik pada pretest dan posttest di kelas kontrol. Sedangkan, nilai rata-rata hasil uji N-Gain kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi yaitu 40 dengan nilai minimal 28.57 dan nilai maksimal 51.11, selain itu nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi konten yaitu 76, dengan nilai minimal 57.14 dan maksimal 100.00. Maka dari itu dengan menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi konten pada siswa kelas eksperimen mampu lebih mudah memahami dalam pemahaman ilmu tajwid (hukum nun mati dan tanwin) serta terdapat peningkatan. Juga, tidak ada peningkatan yang terjadi pada siswa di kelas kontrol ketika menggunakan metode demonstrasi.
References
Adha, D., & Bahri, S. (2024). Pengaruh Model Problem-Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas. 6(4), 2–7.
Atikah, I., Fauzi, M. A. R., & Firmansyah, R. (2023). Penerapan Strategi Diferensiasi Konten dan Proses Pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based Learning. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.57
AZ Sarnoto. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(July), 1–23.
Bahri, S., & Akhmad, N. A. (2022). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6
Fariska, F. D., & Pratikno, A. S. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 230–237. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.479
Kamila, N. (2024). Strategi Efektif Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 8(2), 1–27.
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Khoiroh, A. M., & Primajati, G. (2025). Kesalahan Penyelesaian Masalah Materi Penyajian Data Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. 7(1).
Lupita, L., & Hidajat, F. A. (2022). Desain Differentiated Instruction Pada Materi Statistika untuk Peserta Didik SMP : Alternatif Pembelajaran bagi Siswa Berbakat. 2, 388–400.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. 1(2).
Oktarina, M. (2020). Faedah Mempelajari dan membaca Al-Qur ‟ an dengan tajwid secara baik dan benar sangat dianjurkan kepada kita ummat muslim , Membaca Al- Qur ‟ an merupakan sebaik -baik zikir , yang mempunyai berbagai keistimewaan dan kelebihan dibandingkan dengan membaca. Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam, SERAMBI TARBAWI, 8, nO.2, 147–162. https://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/download/5072/3726
Pendidikan, J. (2024). Cendikia Cendikia. 2(3), 454–474.
Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Jakarta.
Priyono. (2020). Resonansi pemikiran Drs.Priyono,M.Si ke-10.
Purwowidodo, A. (2023). Teori Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Qalam, A., Keagamaan, J. I., Bontang, K., Tinggi, S., Bontang, T., Tinggi, S., Industri, T., & Bontang, U. T. (2023). DI PERGURUAN TINGGI UMUM Zulkifli Sekolah Tinggi Teknologi Bontang , Indonesia Agus Setiawan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda , Indonesia Firman Universitas Balikpapan , Indonesia Maryam Universitas Kutai Kartanegara , Indonesia Muh . Tang Universi. 17(1), 685–694.
Rahmawati, L. P., Muharlisiani, L. T., & Dewi, M. P. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan Deferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong pada Kelas IV di SDN Dukuh Kupang II Surabaya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya , Indonesia masalah nyata . Mereka dilatih untu. 2(4).
Safitri, M., Effendy, M. H., Purnomo, A., & Putikadyanto, A. (2024). No Title. 7(3), 2047–2056.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta.
Sukmawati, H., Rohana, S., Intiana, H., & Handika, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. 7(1).
Tuken, R., & Pasinggi, Y. S. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keberagaman Suku Bangsa Siswa Kelas V Uptd Sd Negeri 33 Parepare. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 776–784. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.617
Ulfa, S. M., Quthny, A. Y. A., & Badruttamam, C. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Mengingat Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MI Zainul Anwar Alassumur. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 645. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2050
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974
Zumrotun, E. (2023). Penggunaan Met ode Qiro ’ ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6, 353–364.
Author Biographies
Alfi Zauharotul Fauziah, Universitas Garut
Asep Tutun Usman, Universitas Garut
Iis Komariah, Universitas Garut
Masripah, Universitas Garut
License
Copyright (c) 2025 Alfi Zauharotul Fauziah, Asep Tutun Usman, Iis Komariah, Masripah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).