Analisis Penerapan Model Pembelajaran pada Modul Ajar Pendidikan Pancasila SDN 1 Purwosari Kabupaten Blora

Authors

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10545

Published:

2025-02-18

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Model Pembelajaran, Pendidikan Pancasila, SDN 1 Purwosari

Articles

Downloads

How to Cite

Habibah, A. H., & Fathurrahman, M. (2025). Analisis Penerapan Model Pembelajaran pada Modul Ajar Pendidikan Pancasila SDN 1 Purwosari Kabupaten Blora. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 215–222. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10545

Downloads

Metrics

PDF views
169
Feb 19 '25Feb 22 '25Feb 25 '25Feb 28 '25Mar 01 '25Mar 04 '25Mar 07 '25Mar 10 '25Mar 13 '25Mar 16 '25Mar 19 '2516
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran pada modul ajar Pendidikan Pancasila SDN 1 Purwosari Kabupaten Blora dengan menggunakan metode kualitatif. Wali kelas 3 dan wali kelas 4 berperan sebagai subjek penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kemudian diolah menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran yang sengaja dirancang untuk membuat kegiatan belajar mengajar mudah diterima oleh peserta didik. Pemilihan model pembelajaran dipilih dengan menyesuaikan berdasarkan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran. Penerapan model pembelajaran di kelas memiliki tujuan yaitu untuk menciptakan lingkungan kelas supaya lebih aktif dan bervariasi. Model pembelajaran yang paling efektif yaitu model PBL dan Discovery Learning sedangkan model pembelajaran yang paling diminati yaitu model TGT dan model pembelajaran berbasis permainan. Kendala yang biasanya dialami guru yaitu kondisi kelas yang tidak kondusif, sarana prasarana, kurangnya persiapan dari guru, serta minat belajar yang kurang.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Anggulian, F. Y., Purwosaputro, S., & Hartanti, P. T. (2024). Implementasi Media Wordwall terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 2 Semarang. Journal on Education, 06(03), 17642–17648.

Anisa, F. N., Turmuzi, M., & Triutami, T. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 51-59.

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1–10.

Artayasa, I. P., Rosyidi, M. A., Kechik, M. A., & Yustiqvar, M. (2024). The Impact of Biopreneurship Project-Based Science Learning on Students' Entrepreneurial Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(3).

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), h. 33.

Fadlurreja, R., Dewi, & Ridlo. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. Prisma, 2, 616–621. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674

Halimah, Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt ). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319

Hamdani, M. S., . M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Hanipah, A. D., Amalia, T. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Jurnal sosial humaniora dan pendidikan. 2(3), 41–51.

Huizenga, J., Admiraal, W., Dam, G. ten, & Voogt, J. (2019). Mobile game-based learning in secondary education: Students’ immersion, game activities, team performance and learning outcomes. Computers in Human Behavior, 99(May), 137–143. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.020

Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Kusuma, M. A., Kusumajanto, D. D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif Pembelajaran Aktif di Era Pandemi melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 28. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p028

Martati, B., & Yunianti, S. (2021). Habit and Exemplary Applied to Optimize the Intelligence of Muhammadiyah Elementary School Students in Surabaya City. Middle European Scientific Bulletin, 15, 15–20. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6381%0Ahttps://repository.um-surabaya.ac.id/6381/2/Hasil Cek Plagiasi Artikel Habit and Exemplary Applied.pdf

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Maulidiya, M., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 393. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1882

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nurfitriyanti, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rulianto, & Hartono, F. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 95–101. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24256

Salsabilla, et al. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76–81.

Suprapti, S. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT). Journal of Classroom Action Research, 1(1), 1-4.

Syah. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenadamedia Group.

Warsah, I. (2020). Warsah, I. (2020). Islamic Psychological Analysis Regarding To Raḥmah Based.pdf. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 29–41.

Wulandari, D., & Kurniawan, M. I. (2023). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 578–585. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1037

Yeh, Y. chu, Chang, H. L., & Chen, S. Y. (2019). Mindful learning: A mediator of mastery experience during digital creativity game-based learning among elementary school students. Computers and Education, 132(64), 63–75. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.001

Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Aulia Hindun Habibah, Universitas Negeri Semarang

Moh. Fathurrahman, Universitas Negeri Semarang

License

Copyright (c) 2025 Aulia Hindun Habibah, Moh. Fathurrahman

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).