Pengembangan E Modul Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk Mendukung Student’s Self Learning

Authors

Ona Sastri Lumban Tobing , Florentina Dwi Astuti , Exnasia Retno Palupi Handayani

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10571

Published:

2025-03-19

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

E Modul, PAK, Student’s Self Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Tobing, O. S. L., Astuti, F. D., & Handayani, E. R. P. (2025). Pengembangan E Modul Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk Mendukung Student’s Self Learning . Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 402–410. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10571

Downloads

Metrics

PDF views
74
Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '25Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '25Apr 13 '25Apr 16 '2518
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain e modul Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama dengan tingkat kedewasaan peserta didik yang lebih rendah, sehingga kesadaran untuk belajar secara mandiri juga lebih rendah. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan perangkat mengajar menarik yang dapat mendukung kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan pra observasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Pontianak, peneliti menemukan bahwa sekolah tersebut belum pernah menggunakan e modul dalam proses pembelajaran PAK hanya menggunakan buku pegangan guru dan peserta didik. Selain itu buku pendukung yang digunakan sangat minim dikarenakan guru mengusahakan sendiri buku untuk menunjang proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru Pendidikan Agama Katolik di sekolah tersebut, disampaikan bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Sehingga peserta didik masih kurang optimal dalam belajar mandiri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D (Reseach and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini terbatas hanya sampai uji coba kepraktisan pengembangan e modul. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan observai dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil uji coba dalam penelitian ini pada 5 SMP di Pontianak dengan sampel yang diambil penggunaan angket sebanyak 78 peserta didik. Perolehan dari sebaran angket respon peserta didik menunjukkan indikasi kebermanfaatan 4,80, kemudahan 4,68, dan kepuasan 4,74. Ditambahkan dengan angket respon guru menunjukkan indikasi keefektifan 4,7, interaktif 5, efisien 4,6 dan kreatif 4,62. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e modul PAK dan Budi Pekerti berpengaruh untuk mendukung student’s self learning peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan e modul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik sangat valid dan praktis untuk digunakan.

References

Astuti. (2023). Hasil Belajar Mahasiswa Administrasi Pendidikan dalam Menggunakan Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 60–67. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.14467

Eka Nanak, Oktavianey G. P. H. Meman, C. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 4 SATU ATAP NANGA TAMAN. Jurnal Pendidikan Katolik, 4(1), 36–45. http://156.67.214.213/index.php/vocat/article/view/414

Florentina Dwi Astuti. (2023). Hasil Belajar Mahasiswa Administrasi Pendidikan dalam Menggunakan Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 60–67. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.14467

Fridiyanto, Septiana Purwaningrum, Choirul Anam, Aminol Rosid Abdullah, Fathor Rosi, Totok Haryanto, Aminol Rosid Abdullah, Abdullah Farih, E. Z., & Nadiah Abidin, Maya Sari, C. E. S. (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Literasi Nusantara Abadi.

Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Jasahuldia, R., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2022). Validasi E-Modul Kimia Berbasis Etnosains dengan Pendekatan Etnopedagogi untuk Melatih Literasi Sains dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–8.

Jalinus, N., Ganefri, P. D., Yunos, J. M., Alias, M., Syahril, I., Sukardi, M. T., & Risfendra, S. P. (2021). Riset pendidikan dan aplikasinya. UNP PRESS.

Noris Utami, C., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Nurmelly, N. (2022). Kurikulum Merdeka. BDK Palembang Kementerian Agama RI. https://bdkpalembang.kemenag.go.id/artikel/kurikulum-merdeka

Ona Sastri Lumban Tobing, Astuti, F. D., Handayani, E. R. P., & ... (2022). Pembinaan Guru PAK dan Budi Pekerti terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Masa Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar Katolik Pontianak. Bamaskat, 9–16. http://156.67.214.213/index.php/bamaskat/article/view/28

Paulinus Tibo, O. S. (2022). Katekese Kontekstual. Tim Feniks Muda Sejahtera.

Puspita, K. R., & Pribadi, B. A. (2025). Pengaruh Model Fan-N-Pick Berbantuan Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Blembem 1 Ponorogo. 7(1).

Putra, L. D., Thasia, A., Istinawaro, N., & Ulayya, N. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Digital Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. Kappa Journal, 7(2), 319–325. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.20961

Putra, T. S. A. (2022). Pendidikan Kunci Utama Kemajuan Bangsa. Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15010/Pendidikan-Kunci-Utama-Kemajuan-Bangsa.html#:~:text=Sistem Pendidikan dan Kemajuan Bangsa&text=Semakin tinggi kualitas pendidikan suatu,maka negara tersebut akan terbelakang.

Riduwan. (2021). peningkatan kompetensi guru dalam mengajar melalui pembimbingan pemanfaatan media online dalam pembelajaran BDR pada semester genap di SD Negeri 1 Sungai Tendang Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat tahun pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 20(2), 156–169.

Sandratari, A., & Bahfen, M. (2024). Strategi Mengatasi Siswa yang Tidak Aktif di Kelas Melalui Presentasi. 2600–2608.

Sastri, P. T. & O. (2022). Hidup Rohani Katekis. CV Fenix Muda Sejahtera.

Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 2614–3275. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458.

Syifaurrahmadania. (2024). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII. Program Studi Pendidikan Matemetika Jurusan Pendidikan Matemetika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(1), 37–48.

Tibo, P. (2017). Pengembangan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Katolik Yang Kontekstual Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Katolik Kevikepan Ende. Jurnal Masalah Pastoral, V(1), 1–18. https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/34

Tibo, P., Sastri, O., & Tobing, L. (n.d.). The Role of Catholic Religious Education Teachers in Developing Moral Values for High School Students : A Case Study at Parbuluan.

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Author Biographies

Ona Sastri Lumban Tobing, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak

Florentina Dwi Astuti, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak

Exnasia Retno Palupi Handayani, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak

License

Copyright (c) 2025 Ona Sastri Lumban Tobing, Florentina Dwi Astuti, Exnasia Retno Palupi Handayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).