Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10618Published:
2025-02-13Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Kesulitan siswa, Soal HOTS, IPASArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada Mata Pelajaran IPAS kelas IV di SDN 13 Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tulis yang terdistribusi ke dalam 5 soal essay HOTS IPAS dan wawancara semistruktural. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan model Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah analisis terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan terhadap 15 peserta didik Kelas IV berdasarkan kategori nilai tinggi, nilai sedang dan nilai rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 20% peserta didik berhasil mencapai nilai tinggi, kemudian sebanyak 20% peserta didik berada pada kategori nilai sedang dan sebagian besar peserta didik (60%) berada pada kategori nilai rendah. Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS IPAS dianalisis berdasarkan indikator Taksonomi Bloom, yakni menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa untuk indikator menganalisis, peserta didik mengalami kesulitan memahami soal dan kesulitan menganalisis soal. Untuk indikator mengevaluasi peserta didik kesulitan merepresentasikan informasi berdasarkan data. Sedangkan untuk indikator mengkreasi peserta didik mengalami kesulitan membuat skema fotosintesis. Selain indikator tersebut, peserta didik juga mengalami kesulitan konsentrasi. Hal ini menunjukkan peserta didik memerlukan dukungan dan pendekatan yang lebih efektif untuk mendukung pemahaman, keterampilan analisis, evaluasi dan kreativitas dalam menjawab soal-soal HOTS IPAS
References
Bernadetta, P. P. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Busdayu, Z. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action Research, 5(4), 449-453. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5537
Febrianti, A. W., Hamdu, G., & Putri, A. R. (2023). Analisis Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Siswa di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 24-34. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9425
Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. In Current research in education: conference series journal (Vol. 1, No. 1, pp. 1-8).
Kamila, A., & Ufa, N. T. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 67-73.
Martin, N., & Nurhayati, E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 442-229. DOI:
https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.7170
Matovani, D. S., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran sole (self organized learning environment) menggunakan media quiziz terhadap pemahaman konsep. Journal of Classroom Action Research, 4(4). DOI: 10.29303/jcar.v4i4.2231
Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.88914
Nuraini, T., & Julianto. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Hots ( High Order Thinking Skills ) Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 60– 74.
Nurjanah, M. (2021). Implementasi Lots Dan Hots Pada Soal Tema 3 Kelas 1 Mi/Sd. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2), 70-79. DOI: https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.36
Nurwahidah, N., Sari, S. N., Nurmawanti, I., Nisa, K., & Kusuma, A. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS Bagi Guru-Guru SDN 14 Cakranegara. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1295-1299. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15212
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High order thinking skills (HOTS) mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah grup. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 87-93.
Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran literasi dengan suplemen buku cerita bergambar: Studi tindakan kelas pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570-577. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1006
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195-205. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614
Walidayah, N. H. N., Jalmo, T., & Yolida, B. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(3).
Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik dan model layanan pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Widya Accarya, 10(1).
Winaryati, E. (2018). Penilaian kompetensi siswa abad 21. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, S. (2023). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 48-59. DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.2020
Yuwono, G. R., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2020). Pengaruh kemampuan berpikir analitis pada pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar ranah pengetahuan. Edusains, 12(1), 106-112.
Author Biographies
Siti Lamiah, Universitas Mataram
Nurhasanah, Universitas Mataram
Nurwahidah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Siti Lamiah, Nurhasanah, Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).