Hubungan Antara Karakter Peduli Lingkungan dengan Hasil Belajar Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMAN 7 Mataram
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10634Published:
2025-03-15Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Karakter Peduli Lingkungan, Hasil Belajar, Materi Perubahan LingkunganArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara karakter peduli lingkungan dengan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan siswa kelas X di SMAN 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X di SMAN 7 Mataram yang berjumlah 288 siswa dari delapan kelas. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, menghasilkan 110 siswa dari tiga kelas sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui angket karakter peduli lingkungan dan tes hasil belajar pada materi perubahan lingkungan. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman dan uji asosiasi Chi square. Hasil penelitian menunjukkan sekitar (90%) siswa memiliki karakter peduli lingkungan pada kategori tinggi dan hanya (10%) siswa yang memiliki karakter peduli lingkungan pada kategori sedang. Sebagian besar siswa memiliki hasil belajar materi perubahan lingkungan dalam kategori tinggi (63%), sedang (33%), dan hanya (4%) siswa yang memiliki hasil belajar pada kategori rendah. Hasil uji korelasi Rank Spearmen menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,019 kurang dari 0,05 dan nilai r hitung Chi square 7,72 lebih besar dari r tabel 5,99. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tingkat karakter peduli lingkungan siswa kelas X dan hasil belajar materi perubahan lingkungan berada pada kategori tinggi. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara karakter peduli lingkungan siswa dengan hasil belajar materi perubahan lingkungan.
References
Agustin, E. E., & Maisyaroh, W. (2020). Hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap dan perilaku peduli lingkungan pada siswa SMAN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 81-90.
Ahwan, M., Makki, M., & Saputra, H. H. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Inpres Palama Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2676-2684.
Ananda, O. T., Azis, A. A., & Rachmawaty, R. (2022). Hubungan Antara Pengetahuan Ekosistem dan Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Biogenerasi Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 246-258.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116.
Hiqwan, I. A., Salsabila, N. H., & Soeprianto, H. (2023). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 86-91.
Harnita, R., Handayani, B. S., & Merta, I. W. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 1 Janapria Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1684-1689.
Irfianti, M. D., Siti, K., & Budi, A. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan melalui Model Experiential Learning. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 73—78.
Jouwe, A. A., Situmorang, R. P., & Sastrodihadjo, S. (2018). Hubungan Antara Kreativitas Guru Biologi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswasma Kota Salatiga. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 213-222.
Masruri, B. S. H. M. S. (2014). Pengaruh Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup terhadap Perilaku Peduli Lingkungan. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1).
Munadi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Murniati, A. R. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Julok. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1),82-92.
Oktarini, D., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2014). Efektivitas Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 2 Kediri. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 1-7.
Permatasari, D. R., Jamaluddin & Zulkifli, L. (2022). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan dengan Hasil Belajar Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 134-140.
Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik di SMA. Edu Biologi: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134-141.
Putritama, A. D., Wadi, H., & Suud, S. (2022). Penguatan Karakter Siswa Melalui Penerapan Kultur Sekolah di SMAN 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1418-1428.
Rabbani, A. R., Artayasa, I P., & Raksun, A. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Dengan Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1297-1306.
Rahmawati, A., Amin, N. S., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Pasca Pandemi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5278-5281.
Rarasandy, L., Indriyanti, D. R., & Santosa, K. (2013). Pembelajaran biologi mengarah pada penanaman karakter peduli lingkungan pada materi pengelolaan lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 129-136.
Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sasmita, N. N. N., Lestari, T. A., & Bahri, S. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 59-64.
Sinaga, I. L. A., & Masdiana, S., & Rosida. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2), 1-8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiati, E., Bahri, S., & Raodah, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X3 DI SMAN 4 Mataran Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Kependidikan, 8(2), 77-84.
Yahya, F. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa SMA di Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Author Biographies
Hendriani Hendriani, Universitas Mataram
I Putu Artayasa, Universitas Mataram
Imam Bachtiar, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Hendriani Hendriani, I Putu Artayasa, Imam Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).