Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesiaku Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 3 Petir

Authors

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10655

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Fun Thinkers Book, Pendidikan Pancasila

Articles

Downloads

How to Cite

Wulandari, A. P. S., & Tri Astuti. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesiaku Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 3 Petir. Journal of Classroom Action Research, 7(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10655

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Guru belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran tidak efektif. Hal ini mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa, pada materi Keragaman Budaya Indonesiaku mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran Fun Thinkers Book yang layak, praktis, serta efektif. Jenis penelitian menerapkan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SD Negeri 3 Petir. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data melalui teknik analisis kuantitatif dan kulitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media Fun Thinkers Book sangat layak sebagai media pembelajaran, praktis meningkatkan motivasi belajar siswa, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 93% dengan kriteria sangat layak. Persentase penilaian angket respon siswa dan guru sebesar 96% dan 99% dengan kriteria sangat praktis. Pada hasil belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan, ditunjukkan dari hasil uji hipotesis paired sample t test dengan nilai signifikansi 0,000. Rata-rata nilai pretest 53,4 naik menjadi 84 saat posttest, dengan n-gain 0,6681 yang menunjukkan adanya peningkatan sedang. Kesimpulan penelitian menerangkan bahwa media pembelajaran Fun Thinkers Book layak, praktis, serta efektif diterapkan pada materi Keragaman Budaya Indonesiaku mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

References

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. doi:https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2772

Alvionita, F., & Nugroho, A.S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Pada Pembelajaran IPS Kelas IV UPT SD Negeri 104 Gresik. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan, 20(3), 619-630. doi:https://doi.org/10.53515/qodiri

Angraeni, C., Loska, F., Maghfiroh, L., Dewi, N. R., & Adhi, N. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Hukum Kekekalan Volume Anak Usia 11─12 Tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 177–180.

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. doi:https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466

Arsyah, A. (2021). Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Untuk Kelas V SDN 66 Payakumbuh. Universitas Islam Riau, Indonesia.

Barnadid, I., Nurhasanah., & Oktaviyanti, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Upaya Pencegahan Lost Generation di SDN 4 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research,4(3), 76-81.

doi: 10.29303/jcar.v4i3.1904

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fadillah, M. R., & Ninawati, M. (2020). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas Vi Sdn Anyelir 1 Depok. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 89–98. doi:https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3532

Fauziah, D. S., & Ninawati, M. (2023). Media Fun Thinkers Book Berbasis Kontekstual Materi Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 93-100. doi:https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.362

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Habibah, A. H., & Fathurrahman, M. (2025). Analisis Penerapan Model Pembelajaran pada Modul Ajar Pendidikan Pancasila SDN 1 Purwosari Kabupaten Blora. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 215-222. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10545

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. doi:https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Indra, A. D. (2023). Buku Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas V. https://buku.kemdikbud.go.id

Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). Developing Fun Thinkers Book Learning Media On The Topic Of Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia at Grade V Of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 829-835. doi:http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714

Purwanto. 2019. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media “Fun Thinkers Book” untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259

Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173. doi:https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330

Ridwan, Eka, K. L., & Mokhammad, Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rodiyah, H., Ilma, H., Lestarini, Y., & Muspita, Z. (2024). Analisis Pembelajaran Pembentukan Pendidikan Merdeka Siswa Kelas III Pendidikan Pancasila Sebagai Media Karakter Dalam Implementasi Kurikulum. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 866-871.

doi:https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.8870

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. doi:https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sariyah, F., & Rachmadyanti, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Materi Perjuangan Melawan Penjajah Di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(7), 1546–1555.

Soeprajogo, M. P., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Universitas Padjajaran: Pusat Mata Nasional Cicendo.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suratman, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Untuk Kelas III 3 Golong. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(5), 203-214.

doi:https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss5pp203-214

Widyoko, E. P. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. doi:https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yusuf, H., & Istiyowati, L. S. (2023). Penelitian R&D dalam Bidang Teknologi Pendidikan (1 ed). Bandung: Indonesia Emas Group.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Anindi Putri Safira Wulandari, Universitas Negeri Semarang

Tri Astuti, Universitas Negeri Semarang

License

Copyright (c) 2025 Anindi Putri Safira Wulandari, Tri Astuti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).