Analisis Kesulitan Pemahaman Materi Perkalian 10 Sampai Dengan 20 Siswa

Authors

Dayu Nurhikmah , Siti Istiningsih , Baiq Yuni Wahyuningsih , Asri Fauzi

DOI:

10.29303/jcar.v7i1.10661

Published:

2025-02-24

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Keywords:

Analisis kesulitan, Pemahaman, Matematika, Perkalian

Articles

Downloads

How to Cite

Nurhikmah, D., Istiningsih, S., Wahyuningsih, B. Y., & Fauzi, A. (2025). Analisis Kesulitan Pemahaman Materi Perkalian 10 Sampai Dengan 20 Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 223–235. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10661

Downloads

Metrics

PDF views
46
Feb 25 '25Feb 28 '25Mar 01 '25Mar 04 '25Mar 07 '25Mar 10 '25Mar 13 '25Mar 16 '25Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '256.0
|

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari, karena kemampuannya membantu individu dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Matematika di sekolah dasar sangat penting untuk dipelajari semaksimal mungkin dan tidak boleh terjadi kesalahpahaman dalam mempelajari konsep dalam matematika. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki anak SD kelas tiga adalah operasi perkalian. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III SDN 31 Cakranegara mengalami kesulitan dalam memahami perkalian, terutama dalam menghubungkannya dengan penjumlahan berulang. Kesulitan siswa dalam memahami perkalian dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Secara internal, rendahnya motivasi belajar, kurangnya kepercayaan diri, serta ketergantungan pada hafalan. Secara eksternal, minimnya dukungan keluarga, keterbatasan fasilitas belajar, serta lingkungan yang tidak kondusif

References

Aini, S. D., Zayyadi, M., & Hasanah, A. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Berdasarkan Gender. KadikmA, 12(3), 96-107.

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. 2022. Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 945–57.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. 2022. Analisis Perspektif Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173-4181.

Anggraini, Y. 2021. Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).

Anjani, A., Unaenah, E., & Zamroni, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas V SDN Karawaci 1. Tsaqofah, 2(5), 529–540. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i5.536

Ayu, F., & Syariffuddin, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal basicedu, 5(6), 6339-6348.

Ayuwardani, Mellasanti. 2023. Pemahaman Materi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Praktek. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen 1(2):213–21. doi: 10.59024/jise.v1i2.130.

Azizah, M. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Santriwati Dalam Pembelajaran Fiqh Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau. Doctoral Dissertation, UIN Suska Riau.

Cahyono, H., & Taufik, M. 2023. Dasar-Dasar Teori Bilangan. UMMPress.

Dewi, Putri S, and Septa, H. Wi. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal 1(1):31–39.

Djafar. (2018). Pembelajaran matematika sekolah dasar. Bandung: Yayasan Nuansa Cendia

Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 1(1858-3105), 1–15.

Efendi, A. Clara, F., Parinata, D, and Ulfa, M. 2021. Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 9(2):116–26. doi: 10.23960/mtk/v9i2.pp116-126.

Fatah, Moh., and Fitriah. M. T. Suud, M.. 2021. Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea 19(1):89. doi: 10.30595/psychoidea.v19i1.6026.

Hartanti, S., & Ramlah, R. (2021). Etnomatematika: Melestarikan Kesenian dengan Pembelajaran Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 33-42. Retrieved from https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/347

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. 2021. Media-Media Pembelajaran Efektif Dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69.

Hendriani, W. (2022). Resiliensi psikologi sebuah pengantar. Prenada Media.

Huljannah, M., Kalaka, F. R. S., & Akolo, I. R. 2024. Deskripsi Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2) 35–41.

Husnah, A., Tahir, M., & Affandi, L. H. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III Dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Hitung Perkalian Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 19–28.

Iknesya Siskanti, M., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iii Di Sdn Poris Gaga 06 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.3

Indrawati, F. 2019. Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1) 62–69.

Istianah, Lia, and Mardani, D. 2023. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5(5):2237–45. doi: 10.31004/edukatif.v5i5.4895.

Kamila, R. T., & Abduh, M. 2022. Bagaimana Minat Belajar Dan Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5097-5103.

Kartika, Yuni. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. 2(58):777–85.

Khotimah, H., Permatasari, B. I., & Ismiyati, N. 2020. Pengajaran Perkalian Dan Pembagian Dengan Metode Jarimatika. Abdimas Universal, 2(2), 86–89.

Kusumasari, D. A., Kiswoyo, M. M., & Sary, R. M. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 104-117.

Mandasari, Novianti, and Elya Rosalina. 2021. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(3):1139–48.

Maulana, I. M., Yaswinda, and Nasution, N. 2020. Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):512. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.370.

Mustafa, M., & Azis, A. (2024). Kemampuan Berpikir Komputasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Berdasarkan IQ. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 122-128. https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1684

Nina Indriani, dkk . (2022). Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode Rme Pada Peserta Didik Kelas Iii Mi Miftahul Huda. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9 (1), 105-113. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a9.2022.

Pujiyanto, H. 2021. Metode Observasi Lingkungan Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 749-754.

Rismawati, M., & Yunista. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Kelas III Meggunakan Pembelajaran Ctl. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.404.

Sahartian, S. 2018. Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3 : 10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranadamedia Grup.

Sari, A. D., and Noer, S. H. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017 245–52.

Sidabutar, R. 2018. Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Belajar. Jurnal Pendidikan 19(2):98–108.

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179-2190. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.113

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R. and Sitepu, S. 2021. Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied 02(02):17–22.

Sulasmi, E. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 10–17.

Susdarwono, E. T. 2020. Analisis Varian Sederhana Dan Uji-Scheffe Dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika. Vygotsky 2(2):90. doi: 10.30736/vj.v2i2.240.

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.

Umar, U., & Widodo, A. 2022. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Pinggiran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 458–65.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.

Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. 2019. Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.

Zamroni,Moh.2024. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan Perkalian Di Kelas Iii Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

Author Biographies

Dayu Nurhikmah, Universitas Mataram

Siti Istiningsih, Universitas Mataram

Baiq Yuni Wahyuningsih, Universitas Mataram

Asri Fauzi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Dayu Nurhikmah, Siti Istiningsih, Baiq Yuni Wahyuningsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).