Analisis Penerapan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SDN 1 Mataram
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10690Published:
2025-03-07Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Budaya Sekolah, Karakter Religius, Pendidikan KarakterArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya sekolah yang diterapkan di SDN 1 Mataram berkontribusi dalam membentuk karakter religius peserta didik, serta mengidentifikasi karakter religius peserta didik yang terbentuk melalui program budaya sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaitif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yakni kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik muslim kelas 4-6. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya sekolah di SDN 1 Mataram telah berkontribusi dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Budaya sekolah yang diterapkan, seperti Morning Al-Qur’an, shalat Dzuhur berjamaah, tanya jawab keagamaan (quiz), kultum, pembacaan Surah Yasin, serta shalat Dhuha bersama telah berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter religius peserta didik. Melalui metode pembiasaan, peran tenaga pendidik, dukungan lingkungan sekolah serta kegiatan keagamaan, dapat membentuk nilai-nilai religius seperti ketaatan menjalankan ibadah, toleransi, sopan santun dan kesabaran yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
References
Abdullah, M. (2022). Lembaga Pendidikan Sebagai Suatu Sistem Sosial (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba'ul'Ulum, 18(1), 38-48. https://doi.org/10.54090/mu.56
Ali, M. S. (2024). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik. Unisan Jurnal, 3(6), 684-691. Diperoleh dari https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). 21-23. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Andini, J., Adilla, U., & Pertiwi, L. A. (2023). Meningkatkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Rules and Consequences di Raudhatul Athfal (RA) Ad-Dakwah Desa Perintis Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 48-70. https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.600
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (1), 35-48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Cahyanto, B., Mukhtar, A. S., Bada Mawlyda Iliyyun, Z., & Faliyandra, F. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Studi Implementasi di SD Brawijaya Smart School. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 202-213. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.22490
Dini, J. P. A. U. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409-6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92. Di peroleh dari https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/22
Fahruddin, M. (2023). Pola pendidikan karakter religius melalui islamic boarding school di Indonesia. Malang: Pustaka Peradaban.
Firdah, A., Badruli, M., & Deni Adi, P. (2023). Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasster, 7(1), 122-132. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.2267
Hikmah, N. (2022). Kegiatan Keagamaan Doa Bersama untuk Pembentukan Karakter Religius. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 178184. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.94
Islamudin, I., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 711-720. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9145
Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 295-302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393
Maulana, M. N. A. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakater Siswa di Era Digital 4.0. Meriva: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(01), 125-138. Diperoleh dari https://ejournal.merivamedia.com/index.php/meriva
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Pramana, M. E. A., & Trihantoyo, S. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Jenjang Sekolah Dasar. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 764-774. Diperoleh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40
Prawinda, R. A., Rahayu, Y. H., Shofwan, A. M., Nindiya, D. C., & Batu, T. K. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal BOCIL, 1(1), 54-60. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i1.733
Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 110. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.868
Sari, E., Darmiany, Karma, I. N. (2022). Implementasi Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 16-20. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1822
Silkyanti, F. (2019). Analisis peran budaya sekolah yang religius dalam pembentukan karakter siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Suhendra, Sayyidina, Sumila, Lubis Pitri, & Umar Andi. (2024). Analisis Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah MAN 2 Model Medan. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(4), 270287. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.968
Suradi, A. (2018). Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 25-43. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.25-43
Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal KELUARGA Vol, 5(2). Diperoleh dari https://core.ac.uk/download/pdf/236999857.pdf
Zulfa, I., Fatiya, S., Fairuzy, L. H., & Chandra, R. I. (2023). Implikasi Sikap Toleransi Dalam Rangka Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 300-303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4699
Kristiyan, C., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Di Era Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(3), 105-116. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.204
Author Biographies
Retna Rachmawati, universitas mataram
Darmiany, Universitas Mataram
Ilham Handika , Universitas Mataram
Husniati, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 retna rachmawati, Darmiany, Ilham Handika , Husniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).