Pengembangan Media Smart Box (Kotak Pintar) Materi Bahaya NAPZA Pada Kelas V SDN Pemasah Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10702Published:
2025-03-06Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Media, Smart Box, NAPZAArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa smart box mengenai materi bahaya NAPZA pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) bagi siswa kelas V SD Negeri Pemasah yang valid dan praktis. Penelitian menggunakan metode pengembangan Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Dalam penelitian ini hanya menggunakan sembilan langkah saja tanpa melakukan produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pemasah yang melibatkan siswa kelas V. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa media smart box yang terdiri dari empat fitur yaitu: 1) materi mengenai bahaya NAPZA, 2) kantong ajaib, 3) quiz spin game & wordwall, 4) permainan teka-teki silang. Hasil validasi ahli media pada produk smart box diperoleh persentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada validasi ahli materi pada produk smart box memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon guru pada uji coba produk media smart box memperoleh persentase sebesar 96,42% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan respon siswa pada uji coba produk memperoleh persentase sebesar 97,25% dengan kriteria sangat praktis. Hasil respon guru pada uji coba pemakain media smart box memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan respon siswa pada uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 99,54% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media smart box untuk menambah pemahaman siswa mengenai materi bahaya NAPZA sudah layak dari aspek valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SDN Pemasah.
References
Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan Modul Kimia Etnosains Terintegrasi Model Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4). 124-128. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395
Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media Pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008-2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056
Djibran, M. M., Gobel, Y. A., Mokoginta, M. M., Makmur, S. M., Umar, H., Ishak, M. R., ... & Kaluku, N. M. (2024). Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja melalui Edukasi dan Partisipasi Karang Taruna di Desa Pentadio Timur Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65-71.
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Handayani, S., Caswita, C., & Nurhanurawati, N. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 4(2), 1098-1105. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.344
Hasanah, M. (2018). Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Tentang Narkoba (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). https://repository.ump.ac.id/id/eprint/9618
https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi: jurnal pendidikan dan pembelajaran, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325. https://doi.org/10.36088/edisi.v7i1
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Maulidiana, F., Wardana, L. A., & Jannah, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1664-1675. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9376
Nisa’i, S. H., Syofyan, H., Hotimah, U., & Nurhayati, R. (2022). Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPA di Kelas Rendah dan Tinggi. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, 5 (1), (258-261). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/266
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197-203. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.250
Pangesti, F. A., Kurniawati, R. P., & Rulviana, V. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 193-199. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Prayitno, D. F., & Hartono, Y. (2024). Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Sirapan 02 Kabupaten Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 291-301. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19267
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18.
Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2022). Pengembangan Elektronik Modul Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 87-91. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2566
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variable-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sihombing, Y., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Problematika Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 710-718. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5597
Sudarto, S., Amin, M., & Suriana, S. (2024). Pengaruh Media Smart Box Terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas IV Sd Negeri 216 Talungeng. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(10), 757-764. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, C. N., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2), 275-290. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26-32. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Zahra, J. O. V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Kewajiban dan Hak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545-554. https://doi.org/10.58230/27454312.425
Author Biographies
Gita Qurataini Gita, Universitas Mataram
Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram
Muhammad Tahir, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Gita Qurataini Gita, Prayogi Dwina Angga, Muhammad Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).