Identifikasi Konsep Diri Siswa Kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong

Authors

Nurnaningsih , Muhammad Erfan , Asri Fauzi , Darmiany

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10703

Published:

2025-03-13

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Konsep Diri, Gugus IV Sekotong, Batu Putih

Articles

Downloads

How to Cite

Nurnaningsih, Erfan, M., Fauzi, A., & Darmiany. (2025). Identifikasi Konsep Diri Siswa Kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 362–367. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10703

Downloads

Metrics

PDF views
11
Mar 13 '25Mar 16 '25Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '25Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '254.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 12 sekolah dengan total populasi sebanyak 372 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 124 siswa yang terdiri dari empat sekolah yaitu SDN 1 Batu Putih, SDN 2 Batu Putih, SDN 4 Batu Putih, dan SDN 5 Batu Putih. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Analisis  data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data konsep diri siswa kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong 42 siswa (33,87%) memiliki konsep diri dengan kategori sangat tinggi, 65 siswa (52,42%) memiliki konsep diri dengan kategori tinggi, dan 17 siswa (13,71%) memiliki konsep diri dengan kategori sedang. Sehingga disimpulkan bahwa konsep diri siswa kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong berkategori tinggi yaitu sebesar 52,42%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mempersepsikan dan mengenali dirinya sendiri secara baik.

References

Adi, Bagas A., Fatimah, Fatun A., Mustadi, A., & Aurora, Colomeischi A. (2021). Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar: Apakah Mereka Memiliki Hubungan yang Signifikan dan Positif. Jurnal Prima Edukasi, 9(1).

Adianti, Aisyara R., & Nastiti, D. (2024). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial pada Siswa SMA Ma’arif NU Pandaan.

Barnadid, I., Nurhasanah., & Oktaviyanti, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Upaya Pencegahan Lost Generation di SDN 4 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 4(1).

Diananda, Amita. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Konsep Diri Anak. ISTIGHNA, 1(2).

Fadhilah, N., Ruslan., & Z, Sudirman. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Intensi Mencotek Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(4).

Ghufron, M, N., & Risnawita, R. (2017). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haque, A. R., Susanto, D., Damayanti, D. S., & Apriliani, R. (2022). Hubungan Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa Berprestasi Kelas XI di SMK. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling.

Kartika, Widya S., & Muri, A. Y. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan. Jurnal Bikotetik, 3(2).

Masluchah, L., Mufidah, W., & Lestari, U. (2022). Konsep Diri dalam Menghadapi Quarter Life Crisis. Jurnal Psikologi, 6(1).

Maulyda, M A., Indraswati, D., Erfan, M., Widodo, A., & Rahmatih, A N. (2021). Pengaruh Self-Concept Akademik terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. JKPM: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 13(1). https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i1.591.

Novitasari, D. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(9).

Puspa, Ilham J., Pujiati., & Purnomo, E. (2015). Pengaruh Konsep Diri melalui Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Edukasi Ekobis (JEE), 3(4). http://dx.doi.org/10.23960%2F8527

Putri, Amalia R. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa MI Syarifuddin Lumajang. Jurnal Kopis, 1(2).

Ranny., Azizi, R., Rianti, E., Huri, S., Nova, M., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia (JPGI), 2(2).

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2). https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210.

Rodiyah, H., Ilma, L. H., Lestarini, Y., & Muspita, Z. (2024). Analisis Pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai Media Pembentukan Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Siswa Kelas III. Journal of Classroom Action Research, 6(4).

Rosyidah, Awal N. K., & Hartono. (2019). Keefektifan Media Koin Bilangan dan Garis Bilangan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2).

Saputra, Hendri., Nisa, Khairun., & Jiwandono, Ilham S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1).

Saputra, Heri H., Affandi, Lalu H., Husniati., & Makki, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Konseptual Mahasiswa Semesteri I FKIP UNRAM. Progres Pendidikan, 1(3).

Sari, M., & Halik, A. (2022). Hubungan Permasalahan Konsep Diri Remaja dengan Pembinaan Orang Tua. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 4(1).

Setiawati, E., PH, L., & Susanti, Y. (2017). Hubungan Konsep Diri Dengan Kualitas Hidup Anak Usia Sekolah Pada Keluarga Buruh Migran Internasional. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(2),. https://doi.org/10.24269/ijhs.v1i2.628

Siregar, Dona A., & Saragih, Nurul A. (2024). Hubungan Konsep Diri dengan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratinah., Lestari, I., & Julinas, E. (2022). Hubungan Kepribadian dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V SDN 01 Kalideres. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1).

Suryani, I., & Hutabarat, R. (2020). Konsep Diri Siswa di MAN 3 Medan. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 2(1).

Syahraeni, A. (2019). Pembentukan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 6(2).

Syazali, M., Handika, I., Zain, M. I., Putra, G. P., & Widodo, A. (2024). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi Artikel bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.70004/dedikasi.v4i01.74

Witono, A H., & Widodo, A. (2023). Aplikasi Teori Carl R. Rogers dalam Kampus Merdeka untuk Mewujudkan Pendidikan yang Humanis di Perguruan Tinggi. Jurnal on Education, 5(3).

Author Biographies

Nurnaningsih, Universitas Mataram

Muhammad Erfan, Universitas Mataram

Asri Fauzi, Universitas Mataram

Darmiany, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Nurnaningsih Neng, Muhammad Erfan, Asri Fauzi, Darmiany

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).