Pengembangan Media KOPIN (Kotak Pintar) Bermuatan Kearifan Lokal Suku Sasak pada Materi Sikap dan Perilaku Sesuai Sila-Sila Pancasila Kelas IV SDN 4 Cakranegara

Authors

Miftahul Jannah , Siti Rohana Hariana Intiana , Muhammad Erfan

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10708

Published:

2025-03-13

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Media pembelajaran kotak pintar, Kearifan lokal suku Sasak, ADDIE

Articles

Downloads

How to Cite

Jannah, M., Intiana, S. R. H., & Erfan, M. (2025). Pengembangan Media KOPIN (Kotak Pintar) Bermuatan Kearifan Lokal Suku Sasak pada Materi Sikap dan Perilaku Sesuai Sila-Sila Pancasila Kelas IV SDN 4 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 344–351. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10708

Downloads

Metrics

PDF views
31
Mar 13 '25Mar 16 '25Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '25Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '257.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran KOPIN (kotak pintar) bermuatan kearifan lokal suku Sasak pada materi sikap dan perilaku sesuai sila-sila Pancasila kelas IV SDN 4 Cakranegara yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 4 Cakranegara sedangkan objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran KOPIN (kotak pintar) bermuatan kearifan lokal suku Sasak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif berbentuk saran, tanggapan dan kritik oleh ahli media, ahli materi dan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Kemudian analisis deskriptif kuantitatif diperoleh dari angket penilaian berskala 1-5 untuk mengetahui kualitas dari media serta hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan tahapan uji normalitas data, uji T dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan media kotak pintar memperoleh hasil uji validasi ahli media persentase 86% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli materi memperoleh persentase 98% dengan kategori sangat valid dan hasil uji kepraktisan media kotak pintar memperoleh tingkat persentase 97% dengan kategori sangat praktis. Pada keefektifan media kotak pintar memperoleh perbedaan signifikan antara hasil pre-test dengan hasil post-test yang dapat dilihat dari probabilitas 0,000 (∝<0,05) dan hasil perhitungan N-gain memperoleh signifikasi 0,53 yang berarti efektifitas media pembelajaran kotak pintar berada pada kategori sedang atau dapat dikatakan bahwa media pembelajaran kotak pintar bermuatan kearifan lokal suku Sasak terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sikap dan perilaku sesuai sila-sila Pancasila. 

References

Ain, U. S., Istiningsih, S., Erfan, M., & Dewi, N. K. (2023). Pengembangan Media Pohon Literasi Berbasis Cerita Rakyat Suku Sasak Untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 351-358.

Al Fasha, C., Sarjana, K., Junaidi., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424.

Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 3077-3086.

Aswasulasikin, A., Pujiani, S., & Hadi, Y. A. (2020). Penanaman Nilai Nasionalis melalui Pembelajaran Budaya Lokal Sasak di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 63-76.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi Kata Fisika Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya”. Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 31-46.

Ermiana, I., Parwati, N. N., Sudiarta, I. G., & Sudatha, I. G. (2024). Ethnocultural Wisdom and Development of E-Comic. Internasional Journal of Evaluation and Research in Education, 3618-3627.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Ermiana, I., Umar, & Handika, I. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif pada Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 163-170.

Fauzi, T., Andriani, D., & Yaie, F. I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan. Journal of Early Childhood Education, 8-16.

Habibah, S. M., Irawati, N., & Fauzi, M. A. N. (2024). Pendampingan Kurikulum Merdeka Belajar: Meningkatkan Peran Guru dalam Menciptakan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 23 Surabaya. Jurnal Masyarakat Merdeka, 123-131.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hariadi, J. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Samudra Bahasa, 1-9.

Hidayati, A. T., Martasari, M. E., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Murdiyanto, A. (2023). Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Menerapkan Sila-Sila Pancasila Melalui Media Pembelajaran Inovatif SD Negeri 2 Cepiring. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2244-2257.

Intiana, S. R., Jafar, S., Musaddat, S., & Ramdhani, M. (2023). Pemetaan Implementasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berorientasi Kurikulum Merdeka SMPN di Kota Mataram. Jurnal Lisdaya, 59-69.

Khairunnisa, & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKN Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 9-19.

Lenggono, W. (2019). Peran Media ICT pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Penggunaannya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. At-Ta’lim. Media Informasi Pendidikan Islam, 157-178.

Mahardika, A. (2019). Penanaman Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 16-27.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 43-50.

Muzakir, & Suastra, I. W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian Etnopedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 84-95.

Polinda, A., Rustinar, E., Kusmiarti, R., & Lisdayanti, S. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Kotak Pintar pada Siswa Kelas 1 SDN 58 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9758-9762.

Praditha, N., Affandi, L. H., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keberagaman Suku Sasak. Journal of Classroom Action Research, 6(1).

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Rafleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar; Literasi Review. Jurnal Pijar MIPA, 151-156.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 61-70.

Shufa, N. K. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 48-53.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Miftahul Jannah, Universitas Mataram

Siti Rohana Hariana Intiana, Universitas Mataram

Muhammad Erfan, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Miftahul Jannah, Siti Rohana Hariana Intiana, Muhammad Erfan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).