Analisis Dimensi Bernalar Kritis Dalam Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Teori Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas II SDN Jatibarang 01
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10733Published:
2025-03-12Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Bernalar Kritis, Profil pelajar Pancasila, Taksonomi Bloom, SiswaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu bernalar kritis, menjadi kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa untuk memproses, mengevaluasi informasi, hingga menghasilkan keputusan yang tepat dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi bernalar kritis menggunakan teori taksonomi Bloom pada siswa kelas 2 SDN Jatibarang 01 Kabupaten Semarang dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri Jatibarang 01 yang berjumlah 29 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2024 sampai Februari 2025. Purposive sampling digunakan untuk menentukan subjek penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas II sudah menunjukkan adanya dimensi bernalar kritis, yang dapat didukung oleh faktor internal dan eksternal yang terdiri dari karakteristik individu, kedisiplinan siswa, motivasi, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, serta proses pembelajarannya. Dimensi tersebut juga perlu adanya peran guru dalam mengembangkan kemampuan bernalar kritisnya seperti dalam menyusun perangkat pembelajaran, pembiasaan di kelas, penggunaan model maupun media dalam kegiatan pembelajaran.
References
Adawiyah, F. R., Andini, M., Maghfiroh, L., Dita, S., Lifadilillah, A. A., & Mabruroh, R. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. April, 1119–1125.
Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD Nuraini. 10, 355–365.
Ananda, R., Wijaya, C., & Siagian, A. (2022). Pembinaan Sikap Disiplin Anak Raudhatul Athfal. 6(1), 1277–1284.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Apriani, S., Nisa, K., & Husniati. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. 4(20). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1403
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 117–134.
Arifin, Z., Miftachudin, & Muttaqin, M. F. (2024). Implementasi Pelajar Pancasila Bernalar Kritis Siswa pada Pembelajaran IPAS di Kela IV. 09(September).
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam ). 6(1), 19–32.
Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Aulad : Journal on Early Childhood Motivasi , Disiplin , Lingkungan Sekolah : Kunci Prestasi Belajar. 7(2), 323–333. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.654
Azmi, I., Prasetya, D. S. B., & Sabrun, S. (2025). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 163-175. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10570
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6132–6144.
Estheriani, Ni Gusti Nyoman Muhid, A. (2020). Reality Development Of Students ’ Thinking Creativity In Industrial Era 4 . 0 Through Learning Tools With Augmented Reality Media . pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik . Salah satunya adalah metode pembelajaran dimana melakukan proses pembelajaran . 22(2), 118–129.
Fadilah, A., & Kanya, N. A. (2023). Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. 2.
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-based learning ( PBL ) di Sekolah Dasar Siti Halimah , Herlina Usman , Siti Maryam Pendidikan Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri. 3(6).
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. 4(2019), 307–314.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Jurnal jendela pendidikan. 2(04), 553–559.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.
Kasanah, M., & Pratama, A. P. (2024). Taksonomi Tujuan Pendidikan dan Evaluasi Hasil Belajar. 2(2), 146–162.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., & Deing, A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. 2(2), 408–423.
Latief, A. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. 7(2), 61–66.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). 2, 80–90.
Marta, M. A., Purnomo, D., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2025). Konsep Taksonomi Bloom dalam Desain Pembelajaran. 3.
Mayasari, H., Larasati, Lubis, N., & Nur, K. (2025). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak di. 1.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom : Kognitif , afektif , dan psikomotorik. 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. 9(3), 476–485.
Nurmawita, N., & Ain, S. Q. (2023). Kamampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas Rendah Sekolah Dasar. 7(6), 6777–6786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5691
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Pratiwi, S. H. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. 3, 27–48.
Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. 6(4), 6307–6312.
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. November, 289–302.
Rinjani, A. Q., Mulyani, M., & Pangestika, R. R. (2024). Telaah Kurikulum Pendidikan : Dinamika Perubahan. 80–92.
Rohmah, N. N., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Saleh, S. E. (2019). European Journal of Foreign Language Teaching Critical Thingking as A 21 st Century Skill : Conceptions , Implementation and Challenges in The EFL Classroom. 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.2542838
Santika, G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Nalisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. 10(3), 694–700.
Sari, W. P., Tahir, M., & Dewi, N. K. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa. 9(2), 4721–4730. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5130
Shintawati, E. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Ssebagai Inovasi Pembelajaran di SDN 262 Panyileukan. 148–157.
Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. 169–175.
Sholekah, I. T. M. (2024). Strategi Pembiasaan Guru dalam Menanamkan Akhlak pada Anak Usia Dini. 1(1), 30–35.
Author Biographies
Ruri Yuliani, Universitas Negeri Semarang
Moh. Fathurrahman, Universitas Negeri Semarang
License
Copyright (c) 2025 Ruri Yuliani, Moh. Fathurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).