Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 4 Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2024/2025

Authors

Dhea Aprilia , Heri Hadi Saputra , Mansur Hakim

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10748

Published:

2025-03-12

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Membaca Permulaan, Faktor Penghambat, Strategi Pengajaran

Articles

Downloads

How to Cite

Aprilia, D., Saputra, H. H., & Hakim, M. (2025). Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 4 Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2024/2025. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 352–361. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10748

Downloads

Metrics

PDF views
15
Mar 13 '25Mar 16 '25Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '25Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '254.0
|

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 4 Kesik, dan mengetahui faktor penghambat membaca permulaan pada siswa meliputi II SDN 4 Kesik, serta mengetahui strategi guru dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif analisis model yakni Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas II paling banyak berada di level paragraf/cerita dan paling sedikit di level pemula. Faktor penghambat membaca permulaan siswa di kelas II adalah kurangnnya minat, bakat, motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung dengan faktor lingkungan keluarga dan sekolah, yang pertama, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca permulaan dirumah, yang kedua kurangnnya kreativitas guru dalam mengajarkan siswa membaca. Adapun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi hambatan membaca permulaan siswa adalah membagai siswa/ memfokuskan mengajar siswa yang belum bisa membaca, menyediakan buku khusus membaca permulaan, melakukan permainan/games, mengingatkan kepada orang tua untuk sering mengajarkan anak membaca dirumah sesibuk apapun mereka dan melatih siswa dengan rutin setiap hari.

References

Amalia, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 6(3), 835-842.

Andini, G. T. (2018). Manajemen pengembangan kurikulum. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 159-169.

Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 313-325.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Dasar, Jakarta: Depertmen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Erfan, M., & Tahir, M. (2023). Metode Bermain Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa SD. Journal of Classroom Action Research, 5(Speciallssue), 78-81.

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.

Hernandez, D, (2011), Double Jeopardy: How Third-Grade Reading Skills and Poverty Influence High School Graduation, New York, USA: The Annie. Casey Foundation.

Istiqoma, N., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 12-17.

Kuntarto, N. M. (2013). Cerdas dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir.

Laili, N., & Ashari, M. Y. (2024). Kajian Historis Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia: Tinjauan Komprehensif Terhadap Dimensi Formal, Informal, Dan Nonformal. JOURNAL J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan, Penelitian Dan Kajian Keislaman, 3(1), 5-14.

Munib, S (2012). Continuous ambulatory peritoneal dialysis in Khyber Pukhtonkhuwa province of Pakistan and adjoining areas of Afghanistan. Rawal Mrdical Journal, 37(3).

Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143-164.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktek dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung ALFABETA,cv.

Tarigan, N. T. (2018). Pengambangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal curere, 2(2).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Dhea Aprilia, Universitas Mataram

Heri Hadi Saputra, Universitas Mataram

Mansur Hakim, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Dhea Aprilia, Heri Hadi Saputra, Mansur Hakim

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).