Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 4 Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2024/2025

Authors

Dhea Aprilia , Heri Hadi Saputra , Mansur Hakim

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10748

Published:

2025-03-12

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 4 Kesik, dan mengetahui faktor penghambat membaca permulaan pada siswa meliputi II SDN 4 Kesik, serta mengetahui strategi guru dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif analisis model yakni Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas II paling banyak berada di level paragraf/cerita dan paling sedikit di level pemula. Faktor penghambat membaca permulaan siswa di kelas II adalah kurangnnya minat, bakat, motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung dengan faktor lingkungan keluarga dan sekolah, yang pertama, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca permulaan dirumah, yang kedua kurangnnya kreativitas guru dalam mengajarkan siswa membaca. Adapun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi hambatan membaca permulaan siswa adalah membagai siswa/ memfokuskan mengajar siswa yang belum bisa membaca, menyediakan buku khusus membaca permulaan, melakukan permainan/games, mengingatkan kepada orang tua untuk sering mengajarkan anak membaca dirumah sesibuk apapun mereka dan melatih siswa dengan rutin setiap hari.

Keywords:

Membaca Permulaan, Faktor Penghambat, Strategi Pengajaran

References

Amalia, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 6(3), 835-842.

Andini, G. T. (2018). Manajemen pengembangan kurikulum. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 159-169.

Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 313-325.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Dasar, Jakarta: Depertmen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Erfan, M., & Tahir, M. (2023). Metode Bermain Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa SD. Journal of Classroom Action Research, 5(Speciallssue), 78-81.

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.

Hernandez, D, (2011), Double Jeopardy: How Third-Grade Reading Skills and Poverty Influence High School Graduation, New York, USA: The Annie. Casey Foundation.

Istiqoma, N., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 12-17.

Kuntarto, N. M. (2013). Cerdas dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir.

Laili, N., & Ashari, M. Y. (2024). Kajian Historis Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia: Tinjauan Komprehensif Terhadap Dimensi Formal, Informal, Dan Nonformal. JOURNAL J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan, Penelitian Dan Kajian Keislaman, 3(1), 5-14.

Munib, S (2012). Continuous ambulatory peritoneal dialysis in Khyber Pukhtonkhuwa province of Pakistan and adjoining areas of Afghanistan. Rawal Mrdical Journal, 37(3).

Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143-164.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktek dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung ALFABETA,cv.

Tarigan, N. T. (2018). Pengambangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal curere, 2(2).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Dhea Aprilia, Universitas Mataram

Heri Hadi Saputra, Universitas Mataram

Mansur Hakim, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Aprilia, D., Saputra, H. H., & Hakim, M. (2025). Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 4 Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2024/2025. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 352–361. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10748