Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terintegrasi TPACK Terhadap Hasil Belajar Bilangan Berpangkat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10758Published:
2025-03-13Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Media Pembelajaran, TPACK, Hasil Belajar Bilangan BerpangkatArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurang efektifnya proses pembelajaran, serta minimnya interaksi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran terintegrasi TPACK terhadap hasil belajar bilangan berpangkat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kediri dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampling pusposive. Berikut sampel yang diteliti yaitu siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan VIIIE sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian meliputi soal tes, observasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Media pembelajaran yang digunakan adalah video pembelajaran, LKPD berbasis Liveworkhsheets dan kahoot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran terintegrasi TPACK efektif meningkatkan hasil belajar bilangan berpangkat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Efektivitas ini ditunjukkan oleh (1) peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,7342 yang masuk dalam kategori tinggi; (2) perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas kontrol dan eksperimen berdasarkan uji independent sample t-test dimana atau
References
Afsari, R., Kesumawati, I., & Surmilasari, N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis TPACK Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV SD. School Education Journal, 11(4), 339–348. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i4.29431
Al Fasha, C., Sarjana, K., Junaidi., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6025
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Aprelia, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Tpack Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Reproduksi Kelas XI Ipa Di Man 3 Jember. 22.
Ariyanti, K. W., & Sulisworo, D. (2019). Integrasi TPACK Dalam Pengembangan Multimedia Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Dengan Pokok Bahasan Gelombang Berjalan Dan Gelombang Stasioner Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.12928/jrkpf.vxix.xxxx
Avissa, V. E., Hamdani, H., & Pranata, R. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Bermuatan TPACK Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Selatan. Journal on Education, 6(1), 7102-7114. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3952
Azmi, S., Baidowi, B., Hikmah, N., Tyaningsih, R. Y., & Kurniawan, E. (2022). Analysis of students’ mathematics communication ability based on cognitive styles and mathematical knowledge. Jurnal Pijar Mipa, 17(2), 231–238. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3384
Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.537
Erayani, F. N., Sridana, N., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1875–1884. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845
Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Students’ Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 190–199. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303
Gunawan, H., & Zinnurain, Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 11. https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1222
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hidayati, N., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(1), 15–27.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Irawan, A. F. (2022). Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 986–988.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Miningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Panie, R. P. S., Kurniati, N., & Kurniawan, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 8 Mataram Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1065–1073. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1419
Putra, H., & Dewi, R. (2022). Pemanfaatan Powtoon sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 11(1), 45-56. doi:10.1234/jcar.2022.1101
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Widyastuti, A., & Fauzi, M. (2021). Efektivitas penggunaan media audio-visual Powtoon dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pelajaran sains. Journal of Classroom Action Research, 10(3), 67-78. doi: 10.1234/jcar.2021.0103
Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205–214. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.205-214
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Nila Rizkiana, Universitas Mataram
Nyoman Sridana, Universitas Mataram
Eka Kurniawan, Universitas Mataram
Sudi Prayitno, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Nila Rizkiana, Nyoman Sridana, Eka Kurniawan, Sudi Prayitno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).