Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Authors

Firda Izassmi , Baidowi , Dwi Novitasari , Nurul Hikmah

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10764

Published:

2025-03-19

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Cerita, Penyelesaian Soal Cerita

Articles

Downloads

How to Cite

Izassmi, F., Baidowi, Novitasari, D., & Hikmah, N. (2025). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika . Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 420–426. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10764

Downloads

Metrics

PDF views
15
Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '25Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '25Apr 13 '25Apr 16 '255.0
|

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memprofilkan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Sampel dalam penelitian yaitu 36 siswa SMP Negeri 8 Mataram kelas VIII yang terdiri dari masing-masing 2 kategori kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang dan rendah yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes  dalam bentuk 2 butir soal uraian dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa berkemampuan koneksi matematis tinggi mampu menguasai ketiga indikator koneksi matematis yaitu 1). Menghubungkan antara konsep matematika yang sudah dipelajari dengan yang sedang dipelajari, 2). Menghubungkan antara konsep matematika dengan konsep lain, dan 3). Menghubungkan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari.  (2) Kemampuan koneksi matematis pada siswa berkatagori sedang memenuhi 2 indikator kemampuan koneksi matematis yaitu 1). menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, 2). menghubungkan antara konsep matematika yang sudah dipelajari dengan yang sedang dipelajari. (3) Siswa berkemampuan rendah tidak dapat menggunakan ketiga aspek kemampuan koneksi matematis.

References

Apriyono, F. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 159-168.

Ariyani, E. A., Baidowi., Wahidaturrahmi., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 623-634.

Aspuri, & Pujiastuti, H. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 7(2), 124-131.

Aspuri, A. (2019). Kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 124-131. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651

Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Turunan Pada Siswa Kelas XII. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1(2), 66-73.

Fitriani, D., Handican, R., Gunawan, R. G. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Pengaruh Self-Directed Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Eksponensial. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 589–597

Halim, F. A., & Rasidah., N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasar Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35-44.

Irawan, A., Subarinah, S., & Prayitno, S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal Investigasi Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(September), 395–402.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lestari, L., & Surya, M. (2017). Efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Internasional Sains: Riset Dasar dan Terapan (IJSBAR). 34 (1), 91– 100.

Mutmainah, M., Merdekawati H., A., & Silmi, M. (2023). Kemampuan Verbal Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Pada Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Kota Bima. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 405-416.

Ni’mah, A. F., Setiawan, S., & Oktavianingtyas, E (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan , IV (1), 30-33.

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202-211.

Perwira D., S., Wahidaturrahmi, W., Hayati, L., & Syahrul. (2022). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 205-213.

Septiana, M., Subarinah, S., & Triutami, T. W. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Investigasi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 441-448. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5886

Septiana, M., Subarinah, S., Triutami, T. W., & Arjudin. (2023). Analisis kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal investigasi pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari jenis kelamin pada siswa. Journal of Classroom Action Research (JCAR), 5(4), 123-134.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaraban Matematik. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).

Soedjadi, D. (2000). Matematika untuk siswa sekolah menengah. Jakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tunu, D. J. I., Daniel, F., Gella, N. J. M. (2022). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1499-1511.

Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 188.

Zamnah, L. N., (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2) , 31-38

Author Biographies

Firda Izassmi, Universitas Mataram

Baidowi, Universitas Mataram

Dwi Novitasari, Universitas Mataram

Nurul Hikmah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Firda Izassmi, Baidowi, Dwi Novitasari, Nurul Hikmah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).