Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus V Masbagik
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10768Published:
2025-03-19Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Perhatian Orang Tua, Perilaku Sosial, Siswa Kelas IVArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Keluarga khususnya orang tua memiliki peran penting dalam membimbing dan mengarahkan anak dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini dikarenakan anak-anak khususnya pada usia 6-12 tahun masih rentan melakukan kesalahan terutama dalam berperilaku sosial. Dalam behaviorisme Skinner, anak belajar berperilaku melalui penyesuaian dari lingkungannya dan peniruan dari orang dewasa. Tetapi realitanya beberapa orang tua belum menyadari bahwa perhatian yang diberikan masih kurang sehingga berdampak pada perilaku sosial anak menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SDN Se-Gugus V Masbagik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasional. Sampel penelitian ini terdiri dari 250 responden yang masing-masing terdiri dari 125 siswa dan 125 orang tua dengan teknik pengambilan data sampel probability sampling tipe simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta pada pengujian hipotesis menggunakan uji sampel T. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung > ttabel yakni 3,103 > 1,651 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SDN Se-Gugus V Masbagik.
References
Amelia, L. (2023). Pengaruh Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1639
Andesta, D. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIPP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82-97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Anggraini, R. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 67-78. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/awlady.v8i2.9858?domain=https://www.syekhnurjati.ac.id
Besari, A. (2022). Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak. Jurnal Paradigma, 14(01), 162-176.
Busra, Asrul. (2018). Peranan Orang Tua Terhadap Pembinaan Akhlak Anak. Al-wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 12(2). https://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.140
Dewi, B. F., Witono, A. H., & Safruddin, S. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Bodak Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 6(4), 717-721. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.301
Fathy, M., Nurfadillah, R., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Pentingnya Peran Orangtua dalam Mencegah Permasalahan Perilaku Sosial AUD. As-Sibyan: Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, 8(1),87-98. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.9313
Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262-280. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395
Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1). https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122
Makagingge, M., Karmila, M., & Candra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 16-22.
Manalu, E., & Supianto, N. L. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Sosial Siswa SDN Negeri Se-Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal TA 2015/2016. Jurnal Handayani, 5(1).
Mardiah, L. N., & Ismet, Syahrul. (2021). Dampak Pengasuhan Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 82-95.
Nisa, Uswatun, & Cahyo, E., D. (2023) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di TK Rejo Asri. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 3(2).
Novasari, Tria, & Suwanda, I M. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial (Studi Pada Siswa Kelas X Smkn 5 Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan., 3(4). https://doi.org/10.26740/kmkn.v4n3.p%25p
Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 143-146.
Saman, S. V., Laiya, S. W., & Rawanti, Sri. (2024). Deskripsi Keterkaitan Peran Guru Dengan Perilaku Sosial Anak di TK Dewi Sartika Kec. Sipatana Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(4), 35-49. https://doi.org/10.61132/inpaud.y1i4.42
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal of Nursing Practice. 1(1), 1-8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1)
Yani, E. I., Karma, I. N., Oktaviyanti, I., Witono, A. H. (2022). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.293030/jppipa.v6il.264
Author Biographies
Tiara Kusuma, Universitas Mataram
Sukri, Universitas Mataram
Lalu Wira Zain Amrullah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Tiara Kusuma, Sukri, Lalu Wira Zain Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).