Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10805Published:
2025-03-21Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Problem Based Learning, Assemblr Edu, Computational ThinkingArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pembelajaran Berbasis Masalah adalah model pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada masalah nyata dan relevan dengan konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan assemblr edu terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII di SMPN 1 Keruak. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen kuantitatif yang disebut eksperimen semu (eksperimen semu) dengan desain penelitian non equivalen control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu berdasarkan kemampuan akademik siswa. Kelas VIII.2 dan VIII.5 dipilih sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VIII.1 dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Kemampuan berpikir berpikir diukur dengan menggunakan soal esai. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik yaitu menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai uji hipotesis sebesar 0,005 atau < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning berbantuan assemblr edu terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII di SMPN 1 Keruak. Hal yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir komputasional siswa yaitu tahapan-tahapan dalam model pembelajaran berbasis masalah berbantuan assemblr edu memfasilitasi pengembangan berpikir sistematis dan kritis siswa dalam konteks pemecahan masalah, yang merupakan aspek penting dari kemampuan berpikir komputasional.
References
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1), 88-100.
Anwari, K., Muhlis, & Bachtiar, I. (2023). Analisis Miskonsepsi Materi Biologi Menggunakan Soal Pilihan Ganda Dua Tingkat, Journal of Classroom Action Research, 6(1), 86-92.
Arifin, R. D. S. L., Sukarno, AA., Kusmiyati., & Setiadi, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teori Gagne Dalam Meningkatkan Disposisi Kritis Dan Berpikir Krtis Biologi Siswa SMA. Jurnal Of Classroom Action Reseearch, 6(3), 682-690.
Azizah, N., Suratno., Irawati, H.(2024). Peran Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Proseding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 55-62.
Azizah, N., Setiadi, D., Lestari, T. A., & Jufri, A. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 371-377. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7711
Banasari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Pemanfaatkan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humaniora, And Education Studirs(Shes): Comference Series, 6(1), 459-464.
Dolo, F. X., Kua, M. Y., & Djawaris, P. Y. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dengan Multimedia Interaktif Pada Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Pendidikan Tembusai, 6(1), 484-489.
Ansori, M. (2020). Pemikiran komputasi (computational thinking) dalam pemecahan masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-126.
Facione, A. (2011). Citical Thinking: What It Is And Wht It Counts, Malbrae Reasons And The California Academic Press.
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Hakim, I. D., & Ramlah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga Dan Segiempat Pada Siswa SMP. Jurnal Unsika, 2(1), 1015-1026.
Ibrahim, M. (2018). Perubahan konsep IPA. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Irawati, H., & Hidayati, D. (2024). Transformasi Digita; Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1), 332-340.
Izza, R. I., Nurhamidah., Elvinawati. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Berbantu CRI (Certainty Of Response Index) Pada Pokok Bahsan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia,5(1), 55-63.
Jamaludin, J., Jufri A.W., Ramadani A. (2023). Efeckt of E-Readiness Skills, Metacognitive Awareness, And Biological Literacy on The High School Students’ Misconception. Jurnal Pendidikan IPA Indoensia, 12(2), 252-264.
Jamaludin, J., Jufri, W., & Ramdani, A. (2021). E-Readiness Evaluation of High School Student Biology Learningduring the Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7, 131-138.
Kartiani, K., & Liliasari, L. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis Pada Konsep Termokimia Untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 21-26.
Kose, S. (2008). Diagnosing Student Misconceptions: Using Drawings As A Research Method. World Applied Sciences Journal, 3(2), 283-293.
Kurniawan, Y. A., Rozaq, M., & Diana, A. (2025). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Sains dan Olahraga untuk Meningkatkan Literasi dan Pemahaman Siswa. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (Jontak), 6(1), 33-42.
Nugraha, M. S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi,8(1), 29-34.
OECD. (2018). PISA 2018 Results What Students Know And Can Do Volume 1. Paris: OECD Publishing
OECD. (2022). PISA 2022 The State Of Learning And Equity In Education Volume 1. Paris: OECD Publishing.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogic. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (3), 189-196.
Putriningtyas, A., Muhlis, & Bachtiar, I. (2022). Perkembangan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Biologi Di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1534-1542.
Saputra, N. R., Safilu., & Munir, A. (2021). Diagnostic Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sel di SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan Kelas XI IPA. Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 6(2), 80-89.
Saputra, R. D. A., Jufri, A.W., & Ramdi, A. (2019). Profil Literasi Sains Dasar Dan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Edukasi Sumba, 3(2), 46-52.
Sendag, S., Osman, E., Sezan, S., & Nihal, D. (2015). Preservice Teacher’ Critical Thiking Disposition And Web 2.0 Competencies. Contemporary Educational Technology, 6(3), 172-187.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik Dan Tantangan Guru Abada 21. Jurnal Pendidikan Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 10-18.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasido
Suhendar, Y., & Rosita, N. T. (2024). The Analysis of Computational Thinking (CT) Skills of 8th Grade Students at SMP Negeri 1 Jatinangor: Computational Thinking, bilangan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(2), 191-203.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal E-Teach, 6(2), 1-13.
Vari, Y. (2021). Pemanfaatan Augmentasi Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 di Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 70-75.
Wulandari, T. S. H. (2013). Penerapan Strategi Pdeode Dalam Mengatasi Miskonsepsi Dan Mengingatkan Keterampil Berpikir Kritis Ada Botani Tumbuhan Rendah. Proceding Biology Education Conference, 10(1), 1-9.
Yasmin, Y., & Negara, H. R. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking ditinjau dari Self-Confidence Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 885-899.
Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.
Author Biographies
Novia Ramdani, Universitas Mataram
Dadi Setiadi, Universitas Mataram
Tri Ayu Lestari, Universitas Mataram
Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Novia Ramdani, Dadi Setiadi, Tri Ayu Lestari, Baiq Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).