Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10807Published:
2025-03-20Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Problem Based Learning, Video Animasi, Computational ThinkingArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Computational thinking menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki siswa di era digital untuk menghadapi abad ke-21. Model dan media pembelajaran yang tepat harus dipilih oleh guru agar dapat meningkatkan kemampuan computational thinking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan computational thinking siswa di SMPN 7 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan pertimbangan kemampuan akademik siswa sehingga didapatkan kelas VIIIA dan VIIIC sebagai kelas eksperimen serta VIIIB dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan computational thinking menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian. Uji prasyarat dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 atau < 0,05, sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas VIII di SMPN 7 Mataram. Hal ini karena tahapan-tahapan model problem based learning berbantuan video animasi dapat mendukung indikator computational thinking dan membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
References
Angga, A. (2022). Penerapan problem based learning terintegrasi STEAM untuk meningkatkan kemampuan 4C siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281-294.
Artayasa, I. P., Muhlis, M., Hadiprayitno, G., & Sukarso, A. (2022). Penyuluhan pemanfaatan video animasi untuk pembelajaran selama pandemi covid-2019 di SMPN 3 Mataram. Jurnal Pepadu, 3(1), 82-90.
Azizah, N., Setiadi, D., Lestari, T. A., & Jufri, A. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 371-377.
Azkia, N. A., Setiadi, D., Jufri, A. W., & Sukarso, A. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 524-530.
Busdayu, Z. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action Research, 5(4), 449-453.
Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Rathomi, M. R., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan high order thinking skill siswa melalui pendampingan computational thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25-36.
Dewi, J. P., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir komputasi pada materi pengukuran kelas IV. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3275-3285.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Fajri, M., Yurniwati, Y., & Utomo, E. (2019). Computational thinking, mathematical thinking berorientasi gaya kognitif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1-18.
Fitri, D. N., Setiadi, D., Kusuma, A. S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 531-536.
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadi, Y. S., Setiadi, D., & Yani, A. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pola lesson study untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 455-459.
Hauda, N., Mulyono, B., Hapizah, H. (2024). Kemampuan Computational Thinking Materi Fungsi Eksponensial Menggunakan Problem Based Learning. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 44-53.
Jannah, A. U., Hasthiolivia, C., Azis, M. N., & Aprinastuti, C. (2023). Implementasi computational thinking melalui model pembelajaran problem-based learning pada mata pelajaran IPA di SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3), 416-423.
Jufri, A. W., Ramdani, A., Gunawan, G., Bachtiar, I., & Wildan, W. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 1-6.
Kadarwati, S., Suparman, S., & Astutik, K. (2020). Keefektifan Computational Thingking (CT) Dan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Terhadap Penyelesaian Soal-Soal Cerita Materi Perbandingan (Skala Pada Peta) Di Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 63-68.
Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1922-1934.
Lestari, T. A., Jamaluddin, J., & Pahmi, S. (2023). Identifikasi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar di SMA Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2071-2077.
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 6(1), 7786-7796.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924-932.
Miratunnisah, M., Darmiany, D., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 822-829.
Nasral, N., & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672-683.
Nurasiah, N., Paristiowati, M., Erdawati, E., & Afrizal, A. (2023). Integration of technology in problem-based learning to improve students computational thinking: implementation on polymer topics. International Journal of Social and Management Studies, 4(2), 65-73.
OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. Paris: OECD.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD.
Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 50-58.
Pande, M. W., Aswasulasikin, A., & Marhamah, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Office 365 Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Sd Kelas V Gugus Iv Kecamatan Sambelia. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 196-205.
Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan computational thinking matematis siswa kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375-385.
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. JPGSD, 6(4), 429-439.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Rusman, B. C. A., Sumantri, M. S., & Zakiah, L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6027-6036.
Suncaka, E. (2023). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. UNISAN JURNAL, 2(3), 36-49.
Umar, U. (2018). Learning Classroom Environment (LCE) and Smart Learning Environments (SLEs) Urgensi, Adaptasi dalam Penciptaan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Al-Qalam, 10(2), 1-12.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232-245.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Nadiya Sesareny, Universitas Mataram
Dadi Setiadi, Universitas Mataram
Tri Ayu Lestari, Universitas Mataram
Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Nadiya Sesareny, Dadi Setiadi, Tri Ayu Lestari, Baiq Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).