Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers-briggs
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10811Published:
2025-03-20Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
literasi matematika, artisan, guardian, idealist, rationalArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas XI pada konten space and shape ditinjau dari tipe kepribadian Myers-briggs. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI salah satu sekolah negeri di Lombok Barat yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari masing-masing 3 siswa dengan tipe kepribadian artisan, guardian, idealist dan rational yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan berdasarkan tiga indikator literasi matematika, yaitu (1) formulate, (2) employ, dan (3) interprete/evaluate. Adapun teknik analisis yang digunakan berupa model analisis interaktif yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion verification dengan uji keabsahan data berupa metode tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa a) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian artisan sebagian besar berada di level 4, b) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian guardian sebagian besar berada di bawah level 3 namun ada subjek yang dapat mengerjakan soal dengan level 4, c) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepirbadian idealist mampu mencapai level 5, d) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian rational sebagian besar berada di level 4 walau ada subjek yang mampu mengerjakan soal dengan level 5.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7 (5). DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Arahmah, F., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp.209-218), https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1300
Baharunnisa, Arjudin, Kurniawan, E. ., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bilangan Pecahan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 247–253. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5756
Baidowi, Novitasari, D., & Rabbani, A. (2023). Student’s Mathematical Problem Solving Skills Based On Personality Type Myers Briggs Type Indicator (MBTI) And Learning Styles. International Journal of Science Academic Research, 4 (5): 5610-5616, DOI : https://scienceijsar.com/sites/default/files/article-pdf/IJSAR-1569.pdf
Fahira, J., Arjudin, A., Amrullah, A., & Subarinah, S. (2023). Analasis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian MBTI (Myers Briggs Type Indicator) Siswa Kelas VII SMPN 6 Mataram pada Materi Perbandingan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3): 1768-1774. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1581
Fitriyaningsih, I., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Rationals dan Artisans. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2): 258-266, DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15000
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, 7 (3): 222 – 237, https://ijemst.org/index.php/ijemst/article/view/611
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing
Hattie, J. (1999). Influences on Student Learning. Inaugural lecture, 2(1): 1-25. http://geoffpetty.com/wp-content/uploads/2012/12/Influencesonstudent2C683.pdf
Jannah, R., Darmiany, & Nurmawanti, I. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6745
Keirsey, D. (1998). Please Understand Me II : Temperament, Character, Intelligence. New York: Prometheus Nemesis Book
Kemdikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (1994). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook ( 3rd edition). Arizona: SAGE
Nainggolan, S. P., Amalia, J., & Silalahi, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Del Mathematics dan Science Competition (DMSC) Ditinjau dari Kepribadian Sensing(S)-Intuiting(N). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3): 2584-2598. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1671
Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP ditinjau dari Kepribadian Myers-Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9 (3): 631–646, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/38224/33793
OECD (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition. OECD Publishing: Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en
OECD (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. PISA. OECD Publishing. Paris. DOI: https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en.
Poernomo, E., Kurniawati, L. & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1): 83–100. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20479
Prabawati, S. A., Baidowi, Wulandari, N. P., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa SMA Pada Materi Rasio Trigonometri. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 390-400. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5806
Prasasti, G. P., Nugraheni, P., & Darmono, P. B. (2023). Analisis Numerasi Siswa SMP pada Tipe Kepribadian Keirsey: Rational dan Guardian. Journal of Law Education Business, 1(2): 825. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1145
Prayitno, S. (2019), Bukur Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Penerbit Duta Pustaka.
Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., Darwin, Ba’diah, A., Sayekti, S. P., Fadlilah, M., Nugrohowardhani, R. L. K. R., Amrudin, Saloom, G., Hurdiyani, T., Tondok, S. B., Prisusanti, R. D., & Rasinus. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Kombinasi (A. Munandar, Ed.). Bandung: Media Sains Indonesia
Puspendik. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023. Jakarta: kemdikbud. 11 September, 2024. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id
Rabbani, A., Baidowi, B., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) Siswa Kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1525-1533, https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.815
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrument penelitian (pedoman peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Rudianti, R., Aripin, & Muhtadi, D. (2021). Proses Berfikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: jurnal pendidikan matematika. 10 (3): 437-448, https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.675
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. 6 (1): 64–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p64-73
Turmuzi, M. (2019). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Universitas Mataram.
Wahidaturrahmi, & Baidowi. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Fisika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers-Briggs. Mandalika Mathematics and Educational Journal. 4(2): 90–99, http://dx.doi.org/10.29303/jm.v4i2.4567
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Zuraidah. (2022). Analisis Literasi Matematis Keislaman Mahasiswa Tadris Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2): 906-917, http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4627
Author Biographies
Muhammad Restu Adji, Universitas Mataram
Sudi Prayitno, Universitas Mataram
Dwi Novitasari, Universitas Mataram
Sri Subarinah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Restu Adji, Sudi Prayitno, Dwi Novitasari, Sri Subarinah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).