Pengembangan Media Pembelajaran Teks Eksposisi Berbasis Video Animasi di SMP Negeri 3 Narmada

Authors

Muh. Sastrawan Barmansyah , Syaiful Musaddat , Burhanuddin , Saharudin

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10826

Published:

2025-03-31

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Development of Learning Media, Expository Text, Animated Video

Articles

Downloads

How to Cite

Barmansyah, M. S., Musaddat, S., Burhanuddin, & Saharudin. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Eksposisi Berbasis Video Animasi di SMP Negeri 3 Narmada. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 466–476. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10826

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Persoalan tentang kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Narmada masih jauh dari harapan. Minat belajar siswa kelas siswa kelas IX SMP Negeri 3 Narmada tergolong rendah dikarenakan oleh salah satunya penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Oleh karena itu tujuan peneitian ini adalah mengembangankan media pembelajaran yang dirancang untuk bisa meningkatkan kemampuan siswa di dalam menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis), (Design), (Development), (Implementation), (Evaluate) dalam merancang sebuah media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, metode kepustakaan/dokumentasi, metode obervasi, metode kuesioner dan metode tes. Analisis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, kegiatan analisis data kualitatif dilakukan secara bersamaan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pada data kuantitatif yaitu, data berupa hasil uji coba media pembelajaran melalui penilaian kuesioner dari validitas ahli, guru Bahasa Indonesia, dan siswa. Hasil penelitian menunjukan penggunaan beberapa metode dalam memperoleh data bisa dikatakan valid, dapat dilihat pada total skor yang diperoleh dari hasil validasi oleh 2 dosen ahli, yaitu pada komponen isi/materi skor yang diperoleh adalah 82, pada komponen bahasa skor yang diperoleh adalah 87,5 , dan pada komponen media skor yang diperoleh adalah 58, dimana skor yang diperoleh dari hasil validasi ahli sudah dinyatakan baik/layak diuji coba dan perlu direvisi. Setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan terjadi  peningkatan terhadap nilai pretest dengan rerata 57,83 ke nilai posttest dengan rerata 87,66 dengan hasil perbandingan peresentase yaitu 55% termasuk dalam kategori baik/ layak diuji coba dan perlu direvisi.

References

Banu, M. W. E., & Mawartiningsih, L. (2018). Influence of belended learning model through media pictures to increase learning results students VIII SMP Negeri 1 Brondong lesson level. 2017/2018, Bio-Pedagogi, 7(2), 50-53. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.276161.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design. The ADDIE Approach. New York: Springer.

Efendi, R ., Emzir, E., & Rahmat, A. (2018). The Improvement of Students’ Ability to Write Exposition Text through Learning Cycle Model JETI (Journal of Education, Teaching and Learning) Education, Teaching and Learning). 3(2), 233-236, https://doi.org/10.26737/jetI.v3i2.751

Geraldine, M. (2018). The Effectiveness of Four Corners Strategy in Teaching Writing Hortatory Exposition Text. International Journal of Muliti Discipline Science (IJ-MDS). 1(2), 95. https://doi.org/10.26737/ij-mds.v1i1.425

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Haidari, M., Kartawazari, R., & Mhod Yusof, S. (2020). The Us of Social Media and Wikis in Teaching Writing Skills: A Review Article. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM). 14(16), 168-180. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i16.15531

Kemendikbudristek. (2024). Merdeka Mengajar. Retrieved Maret, from Merdeka Mengajar: https://guru.kemendikbud.go.id/tentang-kurikulum-merdeka.

Kholis, A. (2018). The effectiveness of using video and picture in teaching writing hortatory exsposition texs, LingTera, S(2), 189-198. https://doi.org/10.21831/It.v5i2.15490.

Kiptiyah, B. M. (2019) Crtical and creative thingking in the writing of the exposition text, ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language Literature, Art, and Culture, 3(1),19-25. ‘https//doi.org/10.17977/um006v4i2019p019

Kosasih E. (2017). Bahasa Indonesia EdisiRevisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun. (2013). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Kurikulum –Ed. 1-Cet. 1.-Jakarta: Rajawali Pers,

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya (Ketiga ed.). Depok: Rajagrafindo Persada

Miles, M.B, Humberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohodin, UI-Press.

Napitupulu, P. D., Solin, M., & Adisaputera, A. (2019). The Development Process of Problem Based Learning Models Developed by Exposition Text Writing Materials on VIII Grade Students of Methodist 12 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 305-314, https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.518

Nilasari and Agus Amroni. (2021). The effectiveness of using social media to teach writing hortatory expositions text at eleventh grade of SMAN 1 Ngadiluwih. EDULINK (Educations and Linguistics Knowledge) Journal, 3(1), 77-91

Noveliti, M.Hum. Copyright (2022) by Deepublish Publisher Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar Dan Youtube.

Oktovan, P., & Riyadi, M. (2020). Pengaruh Pengggunaan Media Gambar dan Menulis Terpimpin terhadap Peningkatan Siswa dalam Keterampilan Menulis. El-Ibtikar, 9(1), 143-160

Putri, P. A., & Thasim, A. C. (2019). Pengaruh penggunaan teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks ekposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 161-168. https://doi.org/10.24036/103931-019883

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 91. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5230

Rambe, R. H., Gafari, M. O. F., & Solin, M. (2019). The Development of Contextual Tex Based Exposition Writing Teaching Materials of Class X Students in State16 Senior High School, Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 156-266. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.287

Ratmiati, & Cahyani, 1. (2020). Discovery learning model in learning writing of environmental exposition text. Journal of Physics. Conference Series, 1567(4), 042061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042061

Sadiah, T., (2017). Penggunaan media gambar dalam meningkatan motoric halus pada anak kelas 1 di MI-Ar. Rahman Karawang Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 6-18

Selvia, B. F., Asrin., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh metode show not tell dan media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1868

Silaban, W., Ambarita, B., & Hadi, U. (2018). The Devlopment and Implmentation of Learning Material on Exposition Text to Improve Students’ Achievement on Bahasa Indonesia. International Education Studies, 11(11), 53-61. http://doi.org/10.5539/ies.v11n11p53

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeat.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Muh. Sastrawan Barmansyah, Universitas Mataram

Syaiful Musaddat, Universitas Mataram

Burhanuddin, Universitas Mataram

Saharudin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 sastrawan subaidi, Syaiful Musaddat, Burhanuddin, Dr. Saharudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).