Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10849Published:
2025-03-21Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Macromedia FlashArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Masalah utama dalam pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya keterlibatan siswa akibat metode yang monoton dan kurang interaktif. Pembelajaran yang efektif memerlukan metode yang inovatif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMAN 9 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design, di mana terdapat dua kelompok penelitian, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Macromedia Flash dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (0,004<0,05) menggunakan uji ANACOVA antara rata-rata hasil belajar (94,129>48,258) di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yang mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Macromedia Flash memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media interaktif Macromedia Flash secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa SMA.
References
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 36-44.
Anggriyani, M., Syaharuddin, S., Mandailina, V., Abdillah, A., & Mahsup, M. (2024). Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Matematika: Tren dan Tantangan. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 348-372.
Antini, I., Agus Ramdani, & I Putu Artayasa. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 698–703.
Aprilia, R., Subarinah, S., & Kurniati, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 49-55.
Artayasa, I. P., Rosyidi, M. A., Kechik, M. A., & Yustiqvar, M. (2024). The Impact of Biopreneurship Project-Based Science Learning on Students' Entrepreneurial Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(3).
Devitasari, Y., Hidayat, R., & Kurnia, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 1(1), 08-14.
Fauzan, M., Abdul, G., & Muhammad, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27-35.
Fauziah, U., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(2), 2836-2845.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hamzah, R. A., Romi, M., Karmila, B. K., Nur, A., Aditya, H., Gita, H. T. P. A., Frida, M. Y., Desty, E. S., Febriyanti, L., Varetha, L., M. Ihsan, R., Siti, H. L., Saidah, T., Ramdhansyah, B. A., & Titen, P. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Harnita, R., Handayani, B. S., & Merta, I. W. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 1 Janapria Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1684-1689.
Helmita, R., & Sara, Y. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Pada Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 3(2), 89-94.
Herman, H., Nurfathurrahmah, N., Ferawati, F., Ariyansyah, A., & Suryani, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3087-3093.
Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran sosial emosional: Tinjauan filsafat humanisme terhadap kebahagiaan dalam pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026-1036.
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.
Jannah, R., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis experiential learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119-127.
Julianingsih, Nur, R., & Ida, F. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri Alu Kab Polewali Mandar Sulawesi Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 203-212.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.
Mas’ud, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal BIOEDUIN, 8(1), 43-47.
Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 144-155.
Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179-188.
Nilawati, Lalu, H. A., & Husniati. (2023). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 16-23.
Ningsih, A., & Pulungan, A. N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Macromedia Flash terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(2), 108-118.
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian ekperimen beserta analisis statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Pebriana, H., Wijaya, H., & Arsyad, M. (2023). Implementasi Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Mataram. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 3(2), 393-404.
Rahayu, S., Rosadi, K. I., & Alfian, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Professional 8 dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran Ekonomi. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 71-92.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.
Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan:(Learning Media Innovation Using Augmented Reality on Digestive System Material). BIODIK, 10(2), 238-248.
Sa’diyah, H., Wisudaningsih, E. T., & Anjana, F. (2023). Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa MTS Sirajul Ulum. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2291-2296.
Sanulita, H., Hendriyanto, D., Lestari, N. C., Ramli, A., & Arifudin, O. (2024). Analysis of the effectiveness of audio visual learning media based on macromedia flash usage on school program of increasing student learning motivation. Journal on Education, 6(2), 12641-12650.
Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk the body shop indonesia (studi kasus pada followers account twitter @thebodyshopindo). Jurnal Ilmiah MProgress, 10(1), 1–9.
Suryani, I., Permatasari, A., & Jayanti, J. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 499-508.
Syihabuddin, A. A., Nursyamsiyah, S., & Putra, D. W. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 9-9.
Wahyuli, N., & Indrawati, Y. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Makassar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 806-815.
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230-239.
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan bahan ajar berbantuan macromedia flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170-177.
Yunistari, I., Agustina, T. A. H. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700-1708.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2098-2107.
Author Biographies
Falya Aura Fadhillah, Universitas Mataram
Tri Ayu Lestari, Universitas Mataram
Khairuddin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Falya Aura Fadhillah, I Putu Artayasa, Tri Ayu Lestari, Khairuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).