Pengaruh Media Film "Pada Zaman Dahulu" Terhadap Keterampilan Menulis Unsur Intrinsik Dongeng Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

Uffi Laili Maf’Ulah , Cholifah Tur Rosidah

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10887

Published:

2025-05-14

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Media Film, Keterampilan menulis, Unsur Intrinsik

Articles

Downloads

How to Cite

Maf’Ulah, U. L., & Cholifah Tur Rosidah. (2025). Pengaruh Media Film "Pada Zaman Dahulu" Terhadap Keterampilan Menulis Unsur Intrinsik Dongeng Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 541–547. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10887

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Latar belakang penelitian meliputi keterampilan menulis unsur intrinsik siswa, guru mengalami kebingungan dalam memilih media yang sesuai sehingga materi yang diajarkan sulit dipahami siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media film Pada Zaman Dahulu terhadap keterampilan menulis unsur intrinsik dongeng siswa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan Quasi Eksperiment Design bentuk Posttest Only Control. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sedati Gede 2 berjumlah 94 siswa, menggunakan sampel yaitu kelas II-B berjumlah 32 siswa dan II-C berjumlah 32 siswa. Dengan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis independen sampel t-test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa media film Pada Zaman Dahulu memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis unsur intrinsik dongeng siswa kelas II Sekolah Dasar. Hasil tersebut dapat dilihat pada perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Independent Sampel T-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dengan nilai 0,000 < 0,05 maka dengan demikian ditolak dan diterima artinya terdapat pengaruh pada media film Pada Zaman Dahulu terhadap keterampilan menulis unsur intrinsik dongeng siswa kelas II Sekolah Dasar.

References

Amalia, R. A., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah. Jurnal Educatio, 10(4), 1373–1381.

Ana, A. V., Uman, N. K., & Nugroho, A. S. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Melalui Media Buku Dongeng Kelas 2 Di Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–180.

Anjarsari, P. A. (2018). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Peserta Didik Kelas VII MTS . Sunan Giri Gresik Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Auliya, H. (2018). Pengaruh Media Film Pada Zaman Dahulu Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017-2018.

Ayu, I., Pramiari, G., Wendra, I. W., Made, N., Wisudariani, R., & Bahasa, P. (2018). Penggunaan Media Tayangan Televisi “ Pada Zaman Dahulu ” Untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Mengwi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8, 96–107.

Ernawati, Mayong, & Usman. (2020). Analisis Struktur Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 75–80.

Fajrin, F. Q., Prawesti, V. Della, Savitri, R., & Rosidah, C. T. (2023). Pemanfaatan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Keberagaman Budaya Di Sd The Utilization of Interactive Powerpoint Media on Students ’ Learning Interest in Cultural. Journal Of Humanities and Social Studies, 1(2), 356–361.

Hajar, Y. (2021). Transitivitas Film “Pada Zaman Dahulu” Di MNCTV Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Teks Fabel Di Sekolah. Ilmiah Korpus, 5(2), 175–182.

Hani, A., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(2). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index

Hidaya, J. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Dalam Film Animasi “Pada Zaman Dahulu” Karya Mohd. Harist Amran, Dkk Dan Implementasinya Sebagai Media Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MI.

Indra Julio, R. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Canva Pada Pembelajaran Mekanika Teknik. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Maharini, M. T., & Sari, A. (2024). Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris dengan Menggunakan Ilustrasi Gambar. Lentera Pengabdian, 2(01), 62–73. https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.279

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 65–72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296

Miratunnisa, Darmiany, & Nurmawanti, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Pelajaran Matematika. JCAR, 3(1), 36–41.

Nur, K. I., Siwi, R. S., Rohmah, F. A., Wirastomo, R. A., Aprilia, R., Nuraisah, F., & Yudi Utomo, A. P. (2024). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Video Animasi Pada Zaman Dahulu. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(1), 63–91. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.248

Ruswan, A., Sholihah Rosmana, P., & Husna, M. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 97–105.

Safitri, A. H., Rukayah, R., & Amin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fiksi Siswa. Global Journal Educaion and Learning, 1, 99–105.

Sagala, I. W., Hasibuan, R., & Panggabean, S. (2022). Analisis Unsur Intrinsik , Nilai Moral dan Nilai Budaya dalam Film Tarung Sarung Produksi Starvision : Kajian Strukturalisme. Pendidikan Tambusai, 6, 13784–13809.

Sinaga, Y. C., & Harahap, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(3), 76–91.

Widaad, R. M., Karma, I. N., & Mahyudi, J. (2023). Hubungan Literasi Dini Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas I Sd Negeri 1 Ampenan. JCAR, 5(3). http://eprints.unram.ac.id/42491/2/Artikel_Widaad.pdf

Author Biographies

Uffi Laili Maf’Ulah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Cholifah Tur Rosidah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

License

Copyright (c) 2025 Uffi Laili Maf’Ulah, Cholifah Tur Rosidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).