Pengaruh Media Dadu Cerita Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10913Published:
2025-03-30Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran dalam menunjang keterampilan menulis siswa pada materi menulis karangan narasi. Hal tersebut sesuai dengan observasi lapangan yang dilakukan, dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan media power point yang menampilkan teks saja sehingga kurang interaktif dan menyebabkan siswa kurang terampil dalam menulis. Maka butuh memaksimalkan media pembelajaran yang sudah ada dengan memodifikasi yang lebih inovatif bagi siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam kajian ini untuk mengetahui pengaruh media dadu cerita terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Hipotesis penelitian dalam penelitian ini yaitu Ada Pengaruh media dadu cerita terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Kajian ini menggunakan kuantitatif berjenis eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design sehingga ada dua kelas pada kajian ini yakni kelas eksperimen serta kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes berupa posttes sehingga menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV B dan IV C yang jumlahnya 53 siswa. Pengambilan sampel ini melalui Teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dengan uji hipotesis Independent Sample T-test. Sesuai hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan ada pengaruh Media Dadu Cerita terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Hasil tersebut dilihat dari nilai signifikan yang dihasilkan pada uji hipotesis Independent Sample T-test yang meperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000. Media Dadu Cerita dapat digunakan oleh guru disekolah manapun sebagai Upaya menunjang keterampilan siswa dalam belajar menulis dengan berbagai materi disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dengan memodifikasi lembar dadu cerita, maka tiap siswa dapat mengembangkan karangan narasi dengan topik yang berbeda misalnya dengan mengganti tempat wisata atau kunjungan disesuaikan dengan daerah siswa tersebut.
Keywords:
Media Pembelajaran Dadu Cerita, Keterampilan Menulis, Karangan NarasiReferences
Abidin, Z., & Ramadhan, G. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jornal of Elementary Education, 04(01), 23–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4331
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Anantasia, G., & Rindrayani, S. R. (2025). Metodologi Penelitian Quasi Eksperimen. Adiba: Journal of Education, 5(2), 183–192.
Cahyanti, A. N., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan, Pengaruh Photovoice, Media Keterampilan, Terhadap Siswa, Menulis. Jurnal Perseda : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(2), 121–130.
Delvita Rahmi, W., & Afnita. (2020). Hubungan Antara Penguasaan Kosa Kata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Smpn 1 Lembah Gumanti. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 13(1), 21–26. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v13i1.300
Ermawati, Y. V. H., & Azmy, B. (2024). PENGARUH MEDIA PUZZLE GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. 09, 4749–4757.
Hafiza, H., Fitriani, W. R., & Mariyani, T. (2024). Masa usia dini disebut masa belajar yang potensial . Pendidikan anak usia dini sebagai suatu bentuk itikad baik pendidikan yang bertujuan meletakkan dasar bagi pertumbuhan beserta perkembangan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan melalui karakterist. 4(2), 154–167. https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3391
Hamda, F., & Azima, N. F. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Negeri Padang. 8, 11965–11971.
Harahap, M. A. P. K., Hasibuan, A. R., Siregar, A. H., Khairunnisa, S., & Ramadhani, N. H. (2023). Efektivitas Metode Dikte Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Sinar Dunia, Vol.2(No.3), 119–128.
indra Julio, R. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266
Miranda, H., & Rosidah, C. T. (2024). Pengaruh model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis paragraf pada siswa sekolah dasar. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 265–270.
Muslimah, & Dkk. (2024). Penggunaan Media Dadu Cerita Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Dalam Menulis Karangan Narasi. 3, 5189–5202.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sdn 3 Margodadi Jati Agung Lampung Selatan. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.
Shofa, S., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 160. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290
Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(02 (Desember)), 162–175.
Wati, S. H., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional PGSD, 1(1), 274–282. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760
Yamtinah, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, & I Wayan Lasmawan. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262
License
Copyright (c) 2025 Ericha Alvionita Hariyanti, Cholifah Tur Rosidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


