Pengaruh Model PBL dengan Permainan terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 20 Cakranegara
DOI:
10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.11012Published:
2025-04-17Issue:
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025Keywords:
PBL dengan Permainan, Membaca Pemahaman, Bahasa IndonesiaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan permainan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN 20 Cakranegara. Metode yang digunakan adalah quasi experimental tipe pre-test post-test control group design. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 51 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik kelas eksperimen (kelas IV A) dan 23 peserta didik kelas kontrol (kelas IV B). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa tes pilihan ganda pada kegiatan pre-test dan post-test, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik independent sample t-test yang harus dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu berupa uji normalitas dan uji homogenitas sehingga pada tahap akhir dapat dilakukan uji effect size jika diketahui adanya pengaruh model Problem Based Learning dengan permainan terhadap keterampilan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan berupa model Problem Based Learning dengan permainan pada kelas eksperimen post-test mengalami peningkatan sebesar 17,85% dengan rata-rata nilai 51,79 dan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 47,82% dan nilai rata-rata sebesar 65,48 mencapai KKTP. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. 0,022 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan permainan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN 20 Cakranegara dengan nilai effect size sebesar -3,04 yang berada pada kategori penngaruh sangat rendah.
References
Agustina, B. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Negeri di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 19-23.
Alkarim, Y, F., Darmiany, & Dewi, N, K. (2023). Pengaruh Media Berbasis Video Interaktif terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 1 Dopang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 1941-1948.
Dewi, A, S., Sutama, I, M., & Sudiana. (2024). Efektivitas PBL Berbantuan Media Kartu Huruf terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa indonesia, 13(1), 69-80.
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254.
Febriyanto, B., & Saputra, D, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 6(6), 30-35. Diambil dari https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/1265.
Halimah, N., Firman, F., & Desyandri, D. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 12(2), 177-186.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.
Handika, I., Sobri, M., & Fauzi, A. (2024). Efektivitas LKPD Model Problem Based Learning Berbasis Model Kearifan Lokal Sasak Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik. Journal of Science Education, 4(2), 1099 -1107. http://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy.
Hardiantiningsih., Istiningsih, S., & Hasnawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297-303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.5737.
Herayani, L., Ilhamdi, M, L., Syazali, M. (2024). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi IPA. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 342-348.
Ibrahim., & Nur. (2015). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kemdikbud. (2019). Literasi Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, and School Grade: Pisa Survey.
Khairani, F., Agusta, L., & Astuti, N. (2023). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(9).
Nonita, E. S., Nurhasanah., & Jaelani, A, K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas VI Di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 314-320. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.245.
Nurhidayat, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3. Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 4(2), 51-59.
Saksono, H., Khoiri, A., Surani, S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., Ali, I. H., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Sleman: Cendikia Mulia Mandiri.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2022). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: CV Alfabeta.
Sulsana, R, M., Karma, I, N., & Nurwahidah. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 10(2), 491-497. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669.
Vitaloka, A., & Sani, R. A. (2016). The Effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking Ability of Students in Dynamic Fluid Class XI MIA SMA Negeri 2 Balige Academic Year 2014/2015. Jouranl Inpafi, 4 (3), 10-19.
Yanto, A., & Febriyanto, B. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Riset Pedagogik, 1(3).
Yati, F, A., Nisa, K., Erfan, M., Affandi, L, H. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SD. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 637-644.
Yusuf, A, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Author Biographies
Leny Anugra Safutri, Universitas Mataram
Muhammad Erfan, Universitas Mataram
Muhammad Syazali, Universitas Mataram
Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Leny Anugra Safutri, Muhammad Erfan, Muhammad Syazali, Prayogi Dwina Angga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).