Integrasi Nilai Religius dan Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 5 Jember
DOI:
10.29303/jcar.v7i2.11070Published:
2025-05-08Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025Keywords:
Religious values, Discipline Value, Islamic Religious EducationArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Upaya membentuk generasi yang berintegritas dapat dilakukan melalui penguatan karakter religius dan disiplin di lingkungan sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler, penelitian ini menyelidiki bagaimana cita-cita ini dimasukkan ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 5 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religius dan disiplin dapat dipupuk melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler seperti salat berjamaah, hafalan Juz Amma, doa harian, dan guru yang baik. Internalisasi nilai juga secara aktif diperkuat oleh program ekstrakurikuler keagamaan seperti Remaja Mushola (Remus). Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu, pengaruh keluarga dan lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai model pendidikan karakter berbasis nilai Islam yang relevan dan dapat diterapkan di tingkat sekolah menengah. Integrasi nilai-nilai agama dan disiplin berhasil membentuk karakter siswa yang kuat dan bertanggung jawab. Penelitian ini menyoroti pentingnya kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun ekosistem karakter yang berkelanjutan.
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 149–156. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i2.34
Aisyah, N., & Fitriyah, N. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 301–313. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/770
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447
Amalia, R. (2025). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PAI: Studi Literatur Tentang Peran Guru. Jurnal Komprehenshif, 3(1), 299–304. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif%0APendidikan
Anton, & Luthfi, I. A. A. (2024). Extracurricular Activities Of Islamic Religious Education In Schools. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 8020–8030. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Aripin, S., & Nurdiansyah, N. M. (2022). Modernization of Education: a New Approach and Method in Learning Islamic Religious Education. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 100–117. https://doi.org/10.19105/tjpi.v17i1.5916
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Kelas untuk Peserta Didik yang Beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2661
Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4 SE-Articles), 305–318. http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/index
Fadli. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fathur Rozi. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan Untuk Menumbuhkan Karakter Islami Di Smk Negeri 51 Jakarta.
Halimah, S. (2023). Integration of Religious Moderation in Islamic Religious Education ( PAI ) Curriculum and Learning. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 2(2), 1–10.
Handoko, Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education (INJIRE), 1(2), 201–213. https://injire.org
HasnitaAl-amin, H. Q. 2). (2023). Penanaman Nilai-Nilai Religius Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Al-Amin. Journal Socius Education (JSE) DOI:, 1(April), 66–75. https://doi.org/10.0505/jse.v
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran (Firman (ed.)). MATA KATA INSPIRASI.
Hayati, M. (2020). Kontribusi Keterampilan Belajar Abad 21 Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences. Journal on Teacher Education, 3, 1–221. http://repository.uin-suska.ac.id/30248/
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70–87. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506
Islamudin, I. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 711–720. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Juliana, & Yasin, M. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum Pendidikan Dasar. Jurnal Penelitian Keislaman, 3(1), 32–49.
Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Karima, M., Ramdani, A., & Bahri, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Character Terhadap Literasi Sains Siswa Education Integrated Inquiry. 6(4).
Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 384.
Kendari, U. M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(10), 252–260.
Khamidah, K., & Maunah, B. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur ’ an Di Mi Tholabuddin. Gendeng Asa: Juurnal of Primary Education, 2(1), 97–110. https://doi.org/10.47766/ahdaf.v1i1.1476 ABSTRACT
Kuwarasan, M. D. I. (2024). Internalisasi nilai religius pada kader muslimat di kuwarasan. Jurnal Al Ghazali Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 7(1), 1–13.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1(2), 745–751.
Maidugu, U. A., & Isah, A. T. (2024). Islamic Education and its Value : A Vital Means for the Formation of National Character. 2(4), 6–12. https://doi.org/10.69526/bir.v2i4.165
Masturin. (2024). The Power of Two Learning Strategy in Islamic Religious Education Material Shaping Character Student. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 250–269. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4678
Mauludiyah, H. (2024). Implementasi nilai religius dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa mi ma’arif nu blotongan. Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS), 5(1), 45–54. https://doi.org/10.62289/ijmus.v5i1.362
Mayasari, A., & Arifudin, O. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multididiplin Ilmu[Al-Kamil], 1(1), 47–59.
Nadiyah, D., Ningrum, R. C., & Jamaludin, U. (2023). Kajian Kelestarian Alam Kampung Naga dalam Upaya Pendidikan Karakter Lingkungan di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(3), 12–24.
Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32.
Rachman, A. (2017). A Study on Character Building Based on Habituation to Form Students’Character. Atlantis Press, 100, 221–227. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.46
Rachmawati, R. A., & Handika, I. (2025). Analisis Penerapan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SDN 1 Mataram. 7.
Raco, J. R., & Tanod, R. H. M. (2014). The phenomenological method in entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 22(3), 276–285. https://doi.org/10.1504/IJESB.2014.063776
Rahmad, B. W., & Kibtiyah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius, Disiplin Dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an Di Sd Islam Roushon Fikr Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(September), 31–52.
Rahman, Y. S. (2018). Perbandingan Sistem Hukum Mengenai Disiplin Hukum. Al’adl Jurnal Hukum, 33. tertey7urtuw4568w3568w4
Ravico, Siregar, A. D., & Ramadhona, N. (2024). Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal : Kajian Nilai-nilai Tradisi Pengobatan Menta Gumeng dalam Kehidupan Masyarakat Kerinci Ravico1,. THE CHARACTER, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.1093/nq/s1-II.45.230-d
Rohmah, N. (2016). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3313
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).
Umar, M., & Feiby Ismail. (2020). Buku Ajar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (konsep Dasar Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum). In Cv. Pena Persada.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 11(1), 92–105.
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801
Yusuf, M., Rahmadani, A. L., Lestari, Y., & Kurniawan, D. S. (2022). Urgensi Pendidikan Islam dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja di Lingkungan Sekolah pada Era Media Sosial. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–17. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.338
Yuwono, T. H. (2017). Full day School : Realisasi Pembentukan Karakter Anak. Jurnal PIGUR, 1(1), 73–83.
Zahroh, N., & Khamdani, A. (2020). Kegiatan Keagamaan Dalam Menunjang Pembelajaran PAI Peserta Didik di SD Yimi Gresik. Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Islam, 3(1), 17–31. https://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/28
Author Biographies
Ana Nur Sinta, Universitas Al Falah Assunniyah
Faisol Hakim, Universitas Al Falah Assunniyah
License
Copyright (c) 2025 ANA NUR SINTA SINTA, faisolhakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).