Pengembangan Aplikasi Get Well Soon Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Health Problem Untuk Siswa Kelas V SDN Pakintelan 02 Semarang

Authors

Salsabila Az Zahra , Ika Ratnaningrum

DOI:

10.29303/jcar.v7i2.11218

Published:

2025-05-20

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Aplikasi Get Well Soon, Pembelajaran Bahasa Inggris

Articles

Downloads

How to Cite

Az Zahra, S., & Ratnaningrum, I. (2025). Pengembangan Aplikasi Get Well Soon Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Health Problem Untuk Siswa Kelas V SDN Pakintelan 02 Semarang . Journal of Classroom Action Research, 7(2), 647–655. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i2.11218

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif belum dimaksimalkan sehingga pembelajaran berjalan tidak optimal. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa, termasuk pada materi Health Problem mata pelajaran bahasa Inggris yang jarang dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Get Well Soon yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian menggunakan penelitian Research and Development (R&D) melalui model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pakintelan 02 Semarang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, angket dan tes. Data dianalisis melalui teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kelayakan dan kepraktisan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan rumus nilai persen sedangkan data keefektifan dianalisis melalui uji normalitas, uji homogen, uji hipotesis (paired sample t-test) dan uji n-gain. Persentase penilaian ahli media dan materi berada pada kriteria sangat layak, yaitu 90% untuk media dan 92,3% untuk materi. Berdasarkan angket respon siswa dan guru diketahui bahwa media Get Well Soon sangat praktis digunakan yaitu berada pada persentase respon siswa sebesar 93% dan respon guru sebesar 92%. Peningkatan hasil belajar juga ditunjukkan secara signifikan melalui uji hipotesis paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,001. Rata-rata nilai pretest 43,81 naik menjadi 82,38 saat postest dengan n-gain 0,6864 yang menunjukkan peningkatan sedang. Penelitian menerangkan bahwa media pembelajaran Get Well Soon layak, praktis, dan efektif diterapkan pada materi Health Problem mata pelajaran Bahasa Inggris.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Apipudin, A., & Saputra, E. R. (2023) Best Practice: Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Inggris di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 19(1), 53-62.

Ariyanto, A., & Fauziati, E. (2022). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar dalam Perspektif Teori Belajar Konektivisme George Siemens. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 144-153.(

Armadan, A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Implementasi Manajemen Mutu. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 129-139.

Besare, S. D. (2020). Hubungan minat dengan aktivitas belajar siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18-25.

Cahyani, F. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9135-9141.

Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1), 81-89.

Dewi, I. G. A. B. S., & Ganing, N. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Dua Dimensi Pada Muatan Bahasa Inggris Materi Pengenalan Kosa Kata. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 81-87.

Djamaluddin Ahyar, W. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. CV. Kaafah Learning Center: Sulawesi Selatan.

Fadilah, N. (2023). The Impact of Visual Media on Enhancing Students' Comprehension of Islamic Religious Education Lessons. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 203-210.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216-1227.

Haryati, R. T. E., Handayani, B. S., & Lestari, T. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Gaya Belajar Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 295-302.

Widiprihati, S. N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Silent Video pada Siswa SMA Negeri 1 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 3(2).

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Hidayatulloh, M. T., Amrullah, Lail, H., & Arifuddin. (2025). The Effectiveness of Picture in Improving Students’ Vocabulary Mastery Skills at the Fifth Grade Students. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 132–138.

Larasaty, G., Anggrarini, N., & Efendi, N. (2022). " Fun English" sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. Room of Civil Society Development, 1(4), 96-102.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255.

Prayatni, I. (2019). Teaching english for young learners. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 106-110.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Purwanto. 2019. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwan, Eka, K. L., & Mokhammad, Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sanjaya, P. M. D., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran berbantuan video model latihan renang gaya bebas terhadap penguasaan gaya bebas dan kecepatan renang siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295-303.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Soeprajogo, M. P., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Universitas Padjajaran: Pusat Mata Nasional Cicendo.

Sugiyono, D. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Utami, C. N., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405-411.

Author Biographies

Salsabila Az Zahra, Universitas Negeri Semarang

Ika Ratnaningrum, Universitas Negeri Semarang

License

Copyright (c) 2025 Salsabila Az Zahra, Ika Ratnaningrum

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).