Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Buko pada Mata Pembelajaran IPAS

Authors

Yasinta Amalia Putri , Tri Astuti

DOI:

10.29303/jcar.v7i2.11230

Published:

2025-05-25

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Keywords:

Media Pembelajaran, Hasil Pembelajaran, Motivasi, IPAS

Articles

Downloads

How to Cite

Putri, Y. A., & Astuti, T. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Buko pada Mata Pembelajaran IPAS. Journal of Classroom Action Research, 7(2), 744–751. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i2.11230

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh antara hasil belajar dan motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan media wordwall, serta mengetahui efektivitas media pembelajaran pada pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa SDN Buko dan SDN Ngawen  sampel penelitian ini terdiri dari kelas IV SDN Buko sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan media wordwall dan kelas IV SDN Ngawen sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa sebanyak 20 butir soal IPAS pada materi cerita tentang daerahku dan angket untuk mengukur motivasi siswa. Teknik analisis data yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Paired Samples Test, Uji N-Gain. Data pretest dan posttest menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Pada Uji paired sample test menunjukkan hasil sig. < 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata nilai pretest dengan posttest. Terakhir dilakukan uji N-Gain dengan perolehan skor mencapai 56% yang masuk dalam kategori cukup efektif. Ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall efektif terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai (sig. ) <0,01 lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa media pembelajaran wordwall efektif digunakan pada pembelajaran IPAS terhadap hasil peserta didik

References

Afrilia, L., Arief, D., Amini, R., & Negeri Padang, U. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2559

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Asyrof, A., Fadli, A., & Mushafanah, Q. (2024). Analisis Peran Orang tua dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Djara, J. I., Imaniar, M., Sae, E., & Anin, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(2), 226–233. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2

Hamdani Acep Roni, Dahlan Taufiqulloh, Indriani Rina, & Karimag Ayu Ansor. (2021). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07.

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 4 No. 1. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas

Kinanti Fazira, N., Prayitno, S., & Yulis Tyaningsih, R. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Pada Pembelajaran Materi Teorema Pythagoras Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10336

Koro, M., Kota, M. K., Banu, A., & Katu, E. P. N. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPAS Materi Ekosistem yang Seimbang di SDN Batuplat 1. FONDATIA, 8(2), 486–497. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4856

Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). EFEKTIFITAS APLIKASI WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Akademika, 11(02), 283–294. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272

Meysandi, S. I., Zumrotun, E., & &widiyono, A. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di. Kelas IV SD. Kappa Journal, 8(2), 225–229. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27265

Natalia Cornelius, D., Subastian, E., & Zahrotun Kamila, V. (2021). The effectiveness of using web-based e-learning media in simulation lessons and digital communications on student learning outcomes Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada pelajaran simulasi dan komunikasi digital terhadap hasil belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer (Vol. 2, pp. 157-164). https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.759

Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII SMPIT FAJAR ILAHI BATAM. In Jurnal AS-SAID (Vol. 2022, Issue 1).

Pagarra Ahmad Syawaluddin Wawan Krismanto Sayidiman, H. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN.

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000

Rahman, S. (2021a). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Rahman, S. (2021b). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424

Renata, Z., Oktavia, I., Irawan, D., Rohmaturobbi, N., Pebrianto, A., Nurhidayati, L., & Anggia, I. P. (2024). Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 4 Nomor 4, Desember 2024 Efektivitas penggunaan media games edukasi berbasis teknologi: wordwall terhadap motivasi belajar siswa. Journal of Mathematics Education and Application, 4, 322. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Rima Puspita, K., & Agus Pribadi, B. (2025). Pengaruh Model Fan-N-Pick Berbantuan Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Blembem 1 Ponorogo. Journal of Classroom Action Research, 7(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10266

Rizqi, N. A., Istiningsih, S., Erfan, M., & Dewi, N. K. (2025). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kata Bermuatan Kearifan Lokal Suku Sasak Mendukung Assessmen Awal IKM Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Classroom Action Research, 7(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.9653

Saharuddin, Prihatmono Medy W, & Karmila. (2020). ANALISIS USABILITY GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN METODE SKALA LIKERT.

Salmiyanti, Darmansyah, & Desyandri. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.

Salomo Leuwol, F., Basiran, B., Solehuddin, Moh., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIANPENDIDIKAN (S. Pd. , S. T. , M. T. Dr. Apri Nuryanto, Ed.; 3rd ed.). ALFABETA.

Taryzca Putri Laela Ramadhani, Angel Maria VK, Cantika Dinova Ramadila, & Desi Eka Pratiwi. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 108–115. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.539

Wilayah, J. P., Kota, D., Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN LOLODA KABUPATEN HALMAHERA BARAT. Jurnal Spasial, 6(2).

Yandi, A., Nathania, A., Putri, K., & Syaza, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN). https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1

Yasa, I. N. J. W. (2024). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan: Solusi Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kurikulum Merdeka. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 89–97. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68955

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yosi, O. :, Tanjung, P., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Tinggi, T. (2022). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI MIS NURUL HIKMAH UJUNG PADANG. PIONIR : JURNAL PENDIDIKAN, 11, 2022.

Zulqaidah, Harahap Hasriyati, Tanjung Rama Satya, Dermawan M.Mufih, & Darmansyah tengku. (2024). Peran Kebijakan Kurikulum Merdeka Terhadap Kesiapan Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2.

Author Biographies

Yasinta Amalia Putri, Universitas Negeri Semarang

Tri Astuti, Universitas Negeri Semarang

License

Copyright (c) 2025 Yasinta Amalia Putri, Tri Astuti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).